Ragam Perayaan 1 Muharram di Jawa Barat

Perayaan 1 Muharram, berbeda dengan perayaan tahun baru masehi yang seringkali diisi dengan acara-acara yang sifatnya hura-hura seperti konvoi, kembang api, makan-makan, maka perayaan 1 Muharram lebih banyak diisi dengah kegiatan-kegiataan keagamaan. Nah di Indonesia sendiri dengan beragam budayanya tentunya ada perayaan untuk menyambut 1 Muhamarram.

Demikian juga di masyarakat Jawa Barat, banyak tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan  untuk menyambut datangnya 1 Muharram, seperti adanya pawai obor yang sebenarnya tidak saja di masyarakat Sunda, di banyak wilayah di Indonesia kegiatan tersebut juga banyak dilakukan, terutama di kalangan pesantren.

Kelender Hijriah adalah penanggalan yang digunakan umat Islam dan sejarahnya kalender ini dimulai pada zama Kalifah Umar bin Khattab yang didasarkan pada siklus perputaran bulan. Kalender ini dimulai pada 1 Muharram.

Pembuatan kalender hijriah di zama Kalifah Umar bin Khattab didasarkan pada kebutuhan untuk korespondensi dan penentuan awal Ramadhan, awal bulan Syawal, dan tanggal Idul Adha serta Idul Fitri. Panamaan bulan-bulan di dalamnya juga memiliki arti-arti tersendiri.

Di sejumlah besar negara Islam, 1 Muharram dijadikan sebagai hari libur nasional, termasuk di Indonesia yang tahun ini jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. 1 Muharram 1445 H yang jatuh pada 19 Juli 2023, merupakan dimulainya kalender Hijriah yang terdiri dari 12 bulan.

Kalender Hijriah dianggap sebagai salah satu dari empat kalender utama saat ini digunakan di seluruh dunia. Keempatnya termasuk kalender Masehi, Hijriah, Cina, dan Persia.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828