Ramainya Peretasan, Ini Beberapa Tips Untuk Menjaga Keamanan Data Pribadi

Masih marak terjadi kasus kebocoran data. Terhitung, sejak sebulan terakhir, sudah ada beberapa kasus kebocoran data yang terjadi di berbagai sektor. Oleh karena itu, sebagai pemilik data, kita sudah seharusnya menjaganya agar tidak diretas.

Kebocoran data seperti registrasi SIM Card oleh hacker Bjorka. Data registrasi SIM Card yang bocor itu meliputi nomor induk kependudukan (NIK), nomor telepon, nama penyedia atau provider, hingga tanggal pendaftaran.

Perlindungan data pribadi memang perlu menjadi pilar penting, baik bagi lembaga atau perusahaan yang mengumpulkan data pribadi masyarakat dalam menjalankan kegiatannya. Namun demikian, melindungi data pribadi juga perlu dimulai dari diri sendiri.

Sebagai pengguna, yang bisa kita lakukan adalah waspada terhadap praktik kejahatan atau penipuan yang terjadi atas kebocoran data tersebut. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga keamanan data pribadi agar tidak diretas. Nih mimin akan berbagi tipsnya yah.

1. Rutin Ganti Password

Lakukan pergantian pasword pada akun aplikasi atau platform secara berkala. Misalnya, selama tiga bulan sekali untuk memastikan informasi data pribadi yang kita masukkan aman dari retasan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828