Resesi Ekonomi Itu Nyata, Bagaimana dengan Indonesia?

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia acap kali menyinggung terkait fenomena resesi ekonomi yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang. Kemunculan atas prediksi tersebut lahir dari statement Word Bank bahwa apabila seluruh bank sentral yang ada di dunia melakukan peningkatan suku bunga secara ekstrim dengan waktu yang bersamaan, maka dunia secara global akan mengalami resesi di tahun 2023. 

Peningkatan suku bunga saat ini dipicu oleh kondisi adanya percepatan inflasi yang mengharuskan negara menjaga stabilitas harga. Maka, pertanyaanya adalah apakah prediksi terkait resesi ekonomi 2023 saat ini hanya dijadikan sebagai alat penggerak opini publik untuk menciptakan hegemoni baru?

Fakatanya resesi ekonomi merupakan suatu hal yang nyata dan memang telah terjadi di beberapa negara yang ada di dunia. Salah satunya adalah Amerika Serikat selaku leading indicator secara resmi telah mengalami resesi sejak bulan Juli tahun 2022 dengan angka dua kuarter -1,6 dan -0,6 serta penurunan harga saham sebesar 24% di bulan Oktober 2022. Artinya, fenomena atas resesi benar adanya sehingga prediksi atas resesi ekonomi 2023 merupakan suatu hal yang memang patut untuk diwaspadai oleh seluruh negara dunia.

Bagaimana kondisi perekonmian Indonesia saat ini? Indonesia menurut Menteri Keuangan saat ini dianggap masih bisa bertahan dalam menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023. Hal tersebut di dukung atas pendapatan PDB yang positif dan tingkat inflasi lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya. 

Tetapi tidaklah membuat terlihat tidak peduli, Indonesia selaku negara yang juga memiliki perhatian lebih terhadap prediksi ekonomi 2023 saat ini terus berupaya mencari langkah antisipatif untuk meminimalisir atau justru tidak ikut terjerembab dalam fenomena resesi ekonomi 2023. 

Beberapa langkah antisipatif yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dianataranya adalah pemberdayaan ekonomi domestik secara besar-besaran, pengendalian inflasi, dan upaya perbaikan iklim investasi dengan penerapan online single submission. Pertanyaan selanjutnya adalah sistem ekonomi politik apa yang dirasa tepat untuk diimplementasikan di Indonesia dalam menghadapi resesi ekonomi 2023?

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828