Revitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan dan Apresiasi Keamanan Lingkungan

Polisi Resort Sumedang menggelar Apel Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan), di Lapang Upacara Polres Sumedang, pada hari Rabu, 21 Juni 2023. Bupati Dony Ahmad Munir menjadi pembina dalam apel tersebut, yang juga dihadiri unsur Forkopimpda tersebut.

Peserta apel terdiri dari perwakilan Kasat Kamling di semua kecamatan di Sumedang. Bupati pun mengapresiasi program Kapolri tersebut. Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi adanya Apel Satkamling ini. Sebuah kebutuhan bagi kita semua dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan cara pam swakarsa.

Dengan adanya Satkamling tersebut kata Bupati Sumedang, ialah upaya dari pemerintah, Polri, TNI, serta pemangku kebijakan lainnya, bersama-sama untuk menjaga lingkungan dengan deteksi dini di lapangan. Sehingga masyarakat bisa menjalankan kehidupan dengan aman dan nyaman. Wah, makin tahu Indonesia yah.

Dengan Satkamling menurut Bupati, akan lebih efektif dan efisien dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat, mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Terlebih lagi dalam menghadapi Pemilu 2024, sehingga masyarakat bisa lebih peduli untuk menjaga keamanan. 

"Untuk itulah kita harus menjaga bangsa ini, karena menjaga keamanan sebuah bangsa itu harganya mahal. Dengan apel ini bisa memotivasi semuanya, untuk merevitalisasi fungsi Satkamling yang selama ini sudah ada di setiap RW," katanya.

Adapun apresiasi atas dedikasi dan loyalitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya yaitu Wahyu dari Kecamatan Cimalaka yang berhasil membantu memberikan informasi pada Polri terkait pengungkapan pelaku Curanmor. Rully Tri Aditya dari Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu sebagai Ketua Satkamling Terinovatif dan Terkreatif dan Endang Mustopa dari Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung yang berhasil berpartisipasi pengungkapan pelaku Curanmor di Kecamatan Cimanggung. 

Apresiasi tersebut diberikan langsung oleh Bupati Dony Ahmad Munir bersama Kapolres Indra Setiawan. “Ini merupakan bentuk apresiasi kepada anggota Satlimas di Kabupaten Sumedang yang telah berkontribusi bersama-sama TNI dan Polri dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” ujar Bupati Dony.

Kapolres Indra juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program Satkamling. Indra berharap, revitalisasi Satkamling yang dilakukan Polri ini dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

“Kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat ini, diharapkan dapat memperkuat keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sumedang. Pengamanan swakarsa melalui Satkamling ini, akan menjadi salah satu pilar utama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua warga," ujar Indra.

Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. “Saya berpesan kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828