Sanggar Dewi Sri Gelar Hajat Lembur "Bubur Suro"

Alunan musik tarawangsa yang khas, serta ibu-ibu yang menari dan bergantian dengan bapak-bapak, pemuda juga ada yang ikut menari. Alunan musik tarawangsa itu menemani para pembuat bubur. Ya namanya Bubur Suro.

Perihal Bubur Suro pernah mimin jelaskan yah di artikel tentang bubur suro. Kegiatan Bubur Suro yang mimin kunjungi tahun ini yaitu di Pendopo Sanggar Dewi Sri, Dusun Cihanyir Desa Girimukti yang dilaksanakan selama dua hari, 27 - 28 Juli 2023.

Warga sangat antusias sekali mengikuti kegiatan Bubur Suro. Acara ini juga  dimeriahkan dengan kesenian Beluk, Pertunjukan Teater Tubuh "Pohaci" karya Sari Mulyati, Aksi Lukis oleh Ibon, Pedy, Bastiard dan Tarawangsa.

Menurut pemilik Sanggar Dewi Sri, Sari Mulyati kegiatan Bubur Suro ini perdana di Sanggar, akan tetapi kalau untuk kesenian tarawangsa sering dilakukan, kegiatan ini juga sekaligus peresmian sanggarnya.Sanggar Dewi Sri ini sebagai sanggar kesenian yang berbasis pada pelestarian tradisi Sumedang.

Seperti biasa, di hari akhir kegiatan bubur yang diproses dari kemarin akhirnya matang. Bubur Suro yang khas hasil dari bumi, dibungkus memakai daun pisang, tentunya rasanya khas juga loh wargi Sumedang, ada yang asin dan manis.

Di tempat kalian masih ada yang menggelar Bubur Suro? Sekilas mimin kasih tahu lagi deh, Bubur Suro biasa dilaksanakan 10 Muharam, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan hasil buminya. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828