Sasakala Gunasari: Nyi Sari yang Terkena Guna-guna

Desa Gunasari yaitu salah satu desa di Kabupaten Sumedang yang terletak di Kecamatan Sumedang Selatan. Banyak hamparan sawah yang indah dan sungai yang menyejukkan. Kali ini mimin akan membahas tentang asal usul nama Gunasari menurut sumber yah.

Baik kita simak yuk cerita Sasakala Gunasari nih!

Di sebuah desa ada seorang wanita yang terkenal dengan kecantikannya, wanita tersebut bernama Nyi Sari, dia adalah bunga desa di lingkungannya.

Karena Nyi Sari cantik, putih, dan memiliki tubuh yang bagus serta tinggi yang kecil. Nyi Sari idaman anak muda, akan tetapi dia begitu sombong. Walaupun Nyi sari sombong, namun masih banyak pemuda yang ingin mendapatkan Nyi sari.

Namun banyak pemuda yang melamar Nyi Sari masih ditolak dan alasannya kurang tepat, katanya Nyi Sari menilai dirinya dan sadar akan kecantikannya.

Suatu hari diberitakan ada seorang pemuda yang ingin melamar Nyi Sari, dia berasal dari pinggiran timur. Begitu pemuda itu pergi ke rumah Nyi Sari, belum juga pemuda tersebut menyatakan maksud tujuannya datang, tetapi Nyi Sari malah mengusirnya dan menolaknya secara mentah-mentah sambil berteriak kasar.

Pemuda tersebut langsung berdiri sambil mengungkapkan rasa sakitnya karena diusir dan ditolak secara kasar. Hingga ia bersumpah serapah kepada Nyi Sari akan membalas dendam karena memperlakukannya seperti itu. Lalu pemuda tersebut pergi setelah bersumpah.

Nyai Sari sedikit terkejut mendengar ucapan pemuda itu, ia menghela napas sejenak, namun dalam hatinya Nyai Sari percaya bahwa pemuda tersebut hanya menggertak saja.

Tidak lama kemudian sekujur tubuh Nyi Sari gatal-gatal. Saking gatalnya terus dia berdarah-darah. Nyi Sari sudah berbulan-bulan merasakan penyakit itu, Nyi Sari pun sudah berobat kemana-mana tapi tidak ada hasilnya.

Hingga suatu malam Nyi Sari berdoa sambil menangis, memohon petunjuk Tuhan. Dari hasil berdoa semalaman dia dapat petunjuk, bahwa penyakit yang dialaminya yaitu dia diguna-guna. Dalam renungannya Nyi Sari harus mengubah sikapnya dan meminta maaf kepada orang-orang yang telah disakitinya.

Dari situ Nyi Sari langsung teringat kepada pemuda yang pernah disakitinya. Dia mencari orang-orang yang telah disakitinya dan kemudian meminta maaf kepada setiap orang, terutama pemuda yang telah disakitinya.

Akhirnya Nyi Sari menyadari segala kesalahan dan sikap buruknya, ia mampu mengubah sikap dan perilakunya. Sedikit demi sedikit penyakitnya sembuh, dengan terkenalnya peristiwa yang menimpa Nyi Sari saat itu, daerah sekitarnya diberi nama “Gunasari”, yaitu untuk mengingatkan peristiwa yang menimpa Nyi Sari yang dulu.


Cerita digubah dari: liesganesti.blogspot.com
Narasumber:  Pak Nana

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828