Sekilas Tentang Bungker di Dekat Pasar Tanjungsari

Wargi Sumedang, khususnya Tanjungsari tentunya tahu dong, ada bangunan yang cukup nyentrik dengan atap setengah lingkaran berdiri kokoh di tanah kosong dekat Pasar Tanjungsari. Warga sekitar mengenalnya dengan nama Goa Peténg. Bangunan yang berukuran kurang lebih sekitar 3x5 meter tersebut tampak terbengkalai. 

Bangunan tersebut hanya memiliki satu pintu yang di tutup oleh pelepah kayu, dan hanya ada celah kecil berbentuk lingkaran di dekat pintu tersebut, bangunan tersebut tidak memililiki  jendela atau ventilasi udara sama sekali selain celah berbentuk lingkaran yang ada di dekat pintu.

Bangunan apa sih sebenarnya?

Bungker di dekat Pasar Tanjungsari. Foto: Kegga

Menurut warga setempat, bangunan tua yang menyerupai bungker tersebut, merupakan bangunan sisa penjajahan Belanda dulu. Bangunan itu awalnya tertimbun tanah dan baru terkuak bertepatan saat pasar Tanjungsari mulai akan dibangun. Bangunan peninggalan Belanda itu muncul saat ada pengerukan tanah saat pasar Tanjungsari awal-awal akan dibangun.

Berdasarkan cerita tutur dari orang tua terdahulu, bangunan itu merupakan tempat persembunyian tentara Belanda. Bangunan itu pun awalnya ada dua unit namun satu unit lainnya telah hancur. 

Dulu saat di temukan, banyak benda-benda peninggalan Belanda, seperti helm, pedang, dan peti tempat senjata di dalam bangunan tersebut.

Caption

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Mahdi

    Feb 15, 2022 16:29

    Ada di Cibeueum Kulon sekitar 100M dari pertigaan jalan ke galian menuju ke arah Cirebon. Sayang gak ada penghuninya jarang di tempat

  • John Doe

    tahani

    Feb 17, 2022 21:18

    nah iya bner

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828