Simpay Panaratas Paraguna Sumedang Siap Tampil di Eropa

Sebuah pertunjukan yang merupakan kolaborasi antara Perkumpulan Seni Simpay Panaratas Paraguna Sumedang dengan SMAN Negeri 1 Sumedang sebagai uji coba penampilan seni sunda berbasis gamelan di Graha Adinira SMAN 1 Sumedang pada hari Rabu, 01 November 2023

Pertunjukan seni tersebut akan digelar di Paris Prancis dan tentunya dibeberapa kota di Eropa mewakili Indonesia, Sekaligus undangan dari Grup Le Concert Impromptu untuk berkolaborasi musik di Prancis tanggal 8 sampai 19 November 2023. 

Pada pertunjukan tersebut dihadiri oleh PJ Bupati Sumedang, dan beberapa seniman dan budayawan Sumedang. Pj Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang khususnya gen Y dan Z untuk bisa menjaga serta melestarikan seni Sunda. 

"Ini adalah salah satu langkah konkret untuk melestarikan, mengembangkan seni Sunda khususnya gamelan," ujar Pj Bupati Sumedang.

Pj Bupati juga mengapresiasi pertunjukan tersebut yang merupakan aktualisasi dari pembelajaran kontekstual merdeka belajar. Menurutnya karena merdeka belajar itu artinya adalah semua tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru. Jadi anak-anak mulai berinteraksi dengan berbagai komponen, bagi anak-anak sendiri, ini adalah pembelajaran yang sangat esensial, namanya adalah pembelajaran kontekstual.

Ditambahkan Herman, seni Sunda bukan hanya tontonan tapi juga tuntunan. Jadi banyak values yang didapatkan oleh para siswa dari pengembangan dan pelestarian seni Sunda. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Chanel

    Dec 01, 2023 11:02

    Discover the best techno track of 2023, n°1 DJ in the world! https://www.youtube.com/watch?v=Y1PVouPvl_Y

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828