Sumedang Creative Festival Tahun 2022 Mengangkat Tema Transformasi KolaborAksi

Sumedang Creative Festival tahun ini, sangat berbeda dari beberapa tahun sebelumnya, dengan mengusung tema "Transformasi Kolaboraksi" di mana dalam kegiatan tersebut menjadi ajang saling apresiasi kekaryaan para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang khususnya.

Pada tahun ini, Sumedang Creative Festival menjadi momentum berkumpulnya para komunitas/pelaku ekonomi kreatif di Sumedang. Kegiatan dilakukan selama dua hari, 2-3 Desember 2022 di Gedung Sumedang Creative Center. Kegiatan pun adanya kolaborasi dari beberapa pihak; DISPARBUDPORA Kabupaten Sumedang, Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sumedang, Sumedang Creative Hub, dan Beberapa komunitas kreatif di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan pada tahun ini, di buka secara umum dengan mengadakan terlebih dahulu OPEN CALL, yang di mana para pelaku atau komunitas ekraf mendaftar sebagai kolabolator untuk mensukseskan kegiatan tersebut, seperti pada hari pertama - Jumat, 2 Desember 2022 di mana sekitar 30 komunitas ekraf menghadiri kegiatan tersebut. Beberapa komunitas meramaikan dengan caranya masing-masing; pameran karya, bazar, musik, pertunjukan, gelar wicara, nonton film bareng dan lokakarya.

Penampilan pembuka dari Ensemble Angklung Insan Sejahtera

Pada hari pertama, kegiatan secara simbolis dengan membunyikan angklung oleh Kepala DISPARBUDPORA Kabupaten Sumedang, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sumedang dan Pendiri Sumedang Creative Hub. Setelah itu langsung disambut meriah oleh pertunjukan angklung dari grup musik Ensemble Angklung Insan Sejahtera Sumedang. 

Dalam penuturannya ketua pelaksana Sumedang Creative Festival, yakni Septian Firmansyah yang masih Komite Ekonomi Kreatif Sumedang, "merayakan lahirnya sebuah karya, kristalisasi ide serta gagasan. Sesuatu yang kita perjuangkan selama ini. Sesuatu yang pernah dianggap sepele oleh orang lain, maka Creative Festival adalah sebuah keharusan. Karna ini menjadi jalan kita dalam memperjuangkan ide-ide dan karya kita. Selama 2 hari ini, 2-3 Desember 2022, Sumedang Creative Festival digelar. 30 komunitas kreatif hadir dan menunjukkan karya-karyanya. Sempurna? Mungkin belum. Tapi ini menjadi awal baru bagi insan-insan kreatif Sumedang dalam berkarya, berkolaborasi, dan memulainya dari sebuah aksi kecil."

Semakin sore semakin tambah meriah, dengan adanya gelar wicara dari Content Creator muda  Sumedang, yakni Habibielhaq yang kiprahnya sudah kancah internasional, dari hobi jadi cuan. Selain itu juga ada lokakarya garnish & fruit carving dari Tika Garnish yang sama, sudah kancah internasional dalam seni garnish dan fruit carving.

Gelar Wicara bersama content creator Sumedang

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828