Surabi Makanan Khas Sunda yang Masih Banyak Ditemui

Di Sumedang sendiri tentunya banyak sekali yang jualan surabi (dalam bahasa Sunda) atau serabi hampir 24 jam bisa ditemui di berbagai daerah di Sumedang, ayo wargi Sumedang sering makan surabi di mana nih?

Kuliner yang terbuat dari tepung beras dan dibakar menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat ini memiliki rasa gurih dan legit. Banyak ragam sekali serabi yang ada di nusantara, dan banyak varian rasa juga dengan berbagai topingnya, seperti yang kerap dijumpai di Sumedang, ada yang pakai oncom, dan pakai telor.

Oncom sangat populer di Tanah Sunda, terbuat dari fermentasi dan mirip seperti tempe. Menciptakan rasa asin gurih dan nikmat dipadukan dengan surabi setelah matang dari tungku tanah liat. Proses pembuatannya mudah dan bisa dicoba di rumah menggunakan bahan-bahan yang terjangkau.

Ada juga surabi yang memiliki kuah atau saus yang terbuat dari gula jawa sesuai dengan cita rasa nusantara. Kuah yang terbuat dari campuran gula jawa dan santan kelapa itu, biasa disebut dengan kinca.

Dilansir dari laman resmi Ensiklopedi Kuliner LIPI, serabi berasal dari bahasa Sunda yaitu sura yang berarti besar. Serabi atau surabi (dalam Sunda) adalah salah satu makanan ringan atau jajanan pasar khas Indonesia dan diciptakan pada 1923 silam. Surabi dinyatakan sebagai makanan tradisional khas Jawa karena lebih populer di pulau ini.

Kini surabi masih lestari dari masa ke masa. Bahkan telah menjelma menjadi makanan yang tidak kalah kelezatannya dengan makanan luar negeri. ( Makin Tahu Indonesia )



Komentar

wave
  • John Doe

    Isabella

    Jun 18, 2023 12:57

    Using a making love doll is not as taboo because it as soon as has been. There is a multi-billion dollar industry about the distribution and creation of sophisticated and not-so-sophisticated sex dolls. The expression, Actual Doll has become broadly kn

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828