Talkshow Literasi: Membumikan Literasi di Sekolah

Puluhan pelajar dari Madrasah Awaliyah Negeri 2 Sumedang datang ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang mengikuti kegiatan Talkshow Literasi dengan tajuk "Membumikan Literasi di Sekolah-sekolah dalam Rangka Menyokong Beyond Simpati" pada hari Jumat, 29 September 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Iqra. "Dengan adanya kegiatan talkshow literasi bisa menambah ilmu kepada para pelajar yang hadir dan bisa diterapkan di sekolahnya." Ujar Novi pendiri Komunitas Iqra ketika Sambutan.

Adapun sambutan sekaligus pembukan kegiatan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara yang dimana terus menggelorakan literasi di sekolah dengan beberapa programnya: Strategi Cantik Perkasa (Generasi Cerdas Nyunda dan Eksotik Melalui Pendidikan Berbasis Kasih Sayang) dan pendekatan SUGIH (Sumedang Digital Heritage).

Para narasumber pada kegiatan talkshow tersebut yaitu Kepala Dinas Arsip dan perpustakaan Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa, Sari Lisdiana Dewi Guru MAN 2 Sumedang, Ipul Saepulloh Founder Panti Baca Ceria, Rafly Muhamad Fasha Duta Baca Sumedang dan Imam Syahrul Mubaroq.

Ngomongin literasi dari berbagai sudut pandang para narasumber sangat seru sekali, seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, "Literasi itu seperti yang diajarkan oleh orang terdahulu kita, Pok Pek Prak, yang dimana dalam bahasa Sunda, "pok" berarti ucapan (buah pikir), "pek" artinya bahan garapan (dikaji), dan "prak" adalah pelaksanaan (dilaksanakan).

Semoga kegiatan-kegiatan literasi di Sumedang terus digaungkan dan terus banyak juga dialektik yang terus dipupuk agar menjadi masyarakat yang kritis dan literat nantinya.

Komentar

wave
  • John Doe

    Colby

    Oct 10, 2023 07:09

    I am sure tһis piece of writing has toucheⅾ ɑll the internet people, its really really nice artіcle on building up new weblоg.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828