Tari Jayengrana Khas Sumedang Sudah Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya TakBenda Nasional

Sebelumnya Tari Jayengrana, berhasil ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBenda (WBTB) Provinsi Jawa Barat, akhirnya Tari Jayengrana Kasumedangan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBenda (WBTB) Nasional.

Untuk wargi Sumedang yang belum tahu tentang apa itu Warisan Budaya TakBenda, bisa dilihat tulisan mimin yang membahas tentang Warisan Budaya TakBenda tersebut pada artikel sebelumnya. Nah, kali ini mimin akan membahas tentang Tari Jayangerana Kasumedangan yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBedna Nasional.

Tari Jayengrana Kasumedangan, merupakan salah satu jenis seni tari wayang yang lahir dan diciptakan di Sumedang, yaitu oleh Raden Ono Lesmana Kartadikoesoemah, sekitar tahun 1942.

Raden Ono Lesmana berkarya dalam bidang seni tari tidak lepas dari adanya suatu tujuan dan maksud yang paling pokok yaitu untuk memenuhi kebutuhan materi kursus tari. 

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut sebagai sebuah produk tari tidak dapat lepas dari adanya tuntutan untuk menciptakan keindahan, untuk keabadian, untuk menciptakan harmoni dan pesanan, untuk merefleksikan konteks sosial dan budaya, dan untuk kebutuhan seniman. 

Dunia seni identik dengan pergumulan dalam menciptakan suatu keindahan. Demikian juga dalam seni tari, gerak-gerak disusun sedemikian rupa sesuai dengan filosofis, latar belakang cerita, gambaran tarian, karakter tarian, dan jenis tarian sebagai gagasan awal. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Lashonda

    Nov 23, 2022 03:48

    In fact when someone doesn't know then its up to other viewers that they will help, so here it takes place.

  • John Doe

    Skye

    Mar 26, 2024 06:13

    5 Lessons You Can Learn From Only Fans Pornstars Pornstar

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828