Tentang Medang Kahiyangan dari Naskah Bujangga Manik

Catatatan Bujangga Manik ini oleh J. Noorduyn dianggap sebagai data Topografis Pulau Jawa dari sumber Sunda Kuno, berbentuk puisi naratif Sunda Kuna– naskah daun. Saat ini tersimpan di Perpustakaan Bodlein, Oxford (AS), sejak 1627 atau 1629. 

Tokoh Bujangga Manik kemudian diketahui seorang pangeran dari Pakuan (Bogor) yang memilih menjadi rahib Sunda. Dalam perjalanan Bujangga Manik mencatatkan : Sadiri aing ti inya–datang ka alas Eronan. Nepi aing ka Cinangsi,-meu(n)tas aing di Citarum.–ku aing geus kaleu(m)pangan,-meu(n)tas di Cipunagara,-lurah Medang Kahiangan-ngalalar ka Tompo Omas,-meu(n)tas aing di Cimanuk,-ngalalar ka Pada Beunghar. 

Terjemahan: Sepergiku dari sana,-tiba ke wilayah Eronan.– Sesampai aku ke Cinangsi,-aku menyebrangi sungai Citarum.–semua itu telah kulalui,- menyebrang di sungai Cipunagara,-daerah Medang Kahiangan, berjalan lewat Tompo Omas,- aku menyebarang di sungai Cimanuk,-berjalan lewat pada Beunghar. 

Ketika menanggapi catatan Bujangga Manik, buku “rintisan penelusuran masa silam sejarah Jawa Barat menjelaskan, bahwa : didekat Gunung Tompo Omas terdapat kerajaan Medang Kahiyangan. 

Nama kerajaan tersebut tercatat dalam Carita Parahyangan sebagai salah satu sasaran yang diserang pasukan Cirebon dalam masa pemerintahan Surawisesa (Pen : pengganti Sri Baduga). Belum jelas apakah ada hubungan antara nama Medang Kahiyangan dengan Sumedang Larang.

Dilihat dari masa kedua kerajaan tersebut sangat berjauhan dan tidak ada hubungan sama sekali, berdasarkan penyelusuran penyusun bahwa keturunan dari Medang Kahiyangan merupakan keturunan Raja Salakanagara ke-5 dari Prabu Dharma Satya Jaya Waruna Dewawarman menantu Dewawarman IV, sedangkan menurunkan keturunan Sumedang Larang berasal Manikmaya Kerajaan Kendan menantu Suryawarman raja Tarumanagara ke-7 yang kemudian juga menurunkan raja-raja Galuh dan Sunda.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Vivien

    Sep 01, 2023 10:47

    Itѕ like you read my mind! You appear to қnoԝ a lot approximateⅼy this, like you wrote the e-book іn it or something. I think that ʏou could do with some p.c. to drive the message house a bit, however other than thɑt, this is magnifіcent blog. A fan

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828