Ternyata Ir. Soekarno Juga Pernah Menolak Israel

Masih hangat perbincangan di jagat media perihal FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023, salah satunya ya kita sudah pada tahu dan sudah dijelaskan juga perihal tersebut dalam tulisan mimin sebelumnya, salahsatunya Indonesia menolak Timnas Israel.

Jika menelisik lebih dalam lagi dan flashback lagi, bahwasanya Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno dengan sikap antiimperialisme Soekarno juga mempengaruhi sikap Indonesia, dalam pidatonya pada tahun 1962 dia mengatakan selama kemerdekaan Palestina belum diserahkan maka Indonesia terus menentang Israel.

Dari berbagai sumber, terhimpun ada sekitar lima aksi tolak Israel di masa Presiden Soekarno, mulai dari tidak pedulikan ucapan selamat kemerdekaan, hingga pidato di HUT RI ke-21.

1. Tidak pedulikan ucapan selamat kemerdekaan dari Israel

Mengutip beberapa sumber Selasa, 28 Maret 2023. Pada tahun 1950 Menteri Luar Negeri Moshe Sharett mengirim telegram ke Indonesia, mereka menyampaikan bahwa Israel telah memutuskan untuk memberi pengakuan penuh kepada Indonesia.

Kala itu, Indonesia melalui Hatta menanggapi dengan mengirimkan ucapan terima kasih, namun tanpa menawarkan timbal balik dalam hal pengakuan diplomatik. Pada Juni 1952 Antara melaporkan bahwa Indonesia tidak berniat mengakui Israel. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Dorthy

    Mar 20, 2024 21:26

    Great delivery. Great arguments. Keep up the great spirit.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828