Tradisi Rebo Wekasan, dan Beberapa Kegiatan Tolak Bala

Daerah wargi Sumedang apakah masih ada yang mengadakam Rebo Wekasan? Atau wargi Sumedang pernah mendengar tentang Rebo Wekasan? Rebo Wekasan adalah sebuah tradisi yang digelar setiap Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Islam atau Hijriah. Tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 21 September 2022.

Tradisi sebagai kebudayaan yang memiliki ciri atau kekhasan dalam suatu wilayah tertentu yang dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan dan kepercayaan baik personal atau kelompok. 

Fakta kebudayaan pada dasarnya yakni segala macam bentuk gejala kemanusiaan, baik yang mengacu pada sikap, konsepsi, ideologi, perilaku, kebiasaan, karya kreatif. 

Secara konkret kebudayaan bisa mengacu pada adat istiadat, bentuk-bentuk tradisi lisan, karya seni, bahasa, pola interaksi, dengan kata lain kebudayaan secara kompleks memiliki kekhasan pada batas tertentu juga memiliki ciri yang bersifat universal.

Dalam ruang lingkup kebudayaan memiliki berbagai ragam tradisi, di Jawa Barat ini terkenal dengan budaya sunda dengan berbagai macam budaya salah satunya adalah kebudayaan melaksanakan Rebo Wekasan ini umum dilakukan diberbagai daerah dan tidak hanya di Jawa Barat saja.

Pelaksanaan Rebo Wekasaan ini dikatakan setiap daerah memiliki perbedaan dari segi metode palaksanaannya. Akan tetapi, pada intinya dalam melaksanakan Rebo Wekasan ini yakni ingin mendapatkan keselamatan juga menolak bencana talak bala. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Maynard

    Sep 30, 2022 22:15

    The modеrn-day competitіve world requires an іnteresting online existence. Partnering witһ the most effective digital marketing ѕеrvices iѕ the only method to atain this purpose. We develop personalized, solid, and creatice digital approac

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828