Upacara Adat Ngalaksa Tahun 2022 Digelar Kembali

Kegiatan tahunan yang kerap dilakukan oleh masyarakat Rancakalong, yaitu Upacara Adat Ngalaksa, tahun ini digelar kembali. Setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19. 

Upacara Adat Ngalaksa merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Sumedang, karena keragaman budaya adalah merupakan bagian dari kebudayaan, yang sarat dengan kandungan kearifan lokal. Boleh di cek di tulisan mimin sebelumnya tentang Upacara Adat Ngalaksa yah wargi Sumedang.

Upacara Adat Ngalaksa dilaksanakan secara bergiliran oleh lima Rurukan yaitu: Rurukan Rancakalong, Rurukan Nagarawangi, Rurukan Pamekaran, Rurukan Pasir Biru, dan Rurukan Cibunar. Untuk tahun ini, Upacara Adat Ngalaksa, dilaksanakan oleh Rurukan Pasir Biru.

Pada hari Senin, 22 Agustus 2022 pembukaan Upacara Adat Ngalaksa, dilaksanakan di Wisata Panenjoan Desa Pasir Biru, Kecamatan Rancakalong. Kegiatan pembukaan, dibuka langsung oleh Bupati Sumedang, yakni Dony Ahmad Munir. 

Bupati Sumedang sedang ngibing tarawangsaan. Foto: Ipul

Beberapa pagelaran kesenian seperti Kuda Renggong untuk menyambut Bupati Sumedang dan jajarannya, Kesenian Pencak Silat, dan Tari Tarawangsa sebagai penyambut datangnya Bupati dan jajarannya ke tempat utama kegiatan.

Adapun acara prosesi pembukaan tersebut, substansi kegiatannya adalah pembukaan secara simbolis oleh Bupati Sumedang, yang ditandai dengan penyerahan Babon dari Rurukan penyelenggara Ngalaksa tahun sebelumnya kepada pemangku kebijakan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Marti

    Aug 30, 2022 21:50

    Hi, i think that i saw you visited my ᴡeblog so i came to “return the favor”.I'm attempting to find things to imρrove my site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828