Video Eksperimental dari Sumedang, Menang di Ajang Festival Internasional

Sesak The Sound of Marine Debris adalah sebuah pertunjukan eksperimental instalasi seni soundscape yang terbuat dari sampah laut. Sesak dalam bahasa Indonesia berarti kesulitan bernapas atau tercekik. Menafsirkan penggambaran manusia dan alam dengan sampah laut, memunculkan masalah sampah laut, biota laut, dan perekonomian masyarakat pesisir.

Instalasi soundscape tersebut dirancang menggunakan sampah laut seperti kaleng, plastik, dan sampah lainnya. Ada pun video art yang menggambarkan instalasi soundscape yang dramatis dari masyarakat pesisir dengan sumber daya alamnya yang tercemar oleh limbah domestik perkotaan.

Sebelum lebih jauh membahas bisa menang di Facade Video Festival 2022 di Bulgaria, akan mimin bahas dulu perjalanan karya tersebut yah wargi Sumedang, karena karya tersebut lahir dari seniman-seniman Sumedang loh!

Proyek perjalanan bertajuk Sesak The Sound of Marine Debris berawal dari sebuah exhibition yang diselenggarakan di Sumedang yaitu Bait Pertama. Dari pameran rupa tersebut ada sebuah karya instalasi yang diciptakan oleh Mosyasubrata yang bertajuk SESAK (Sesa Kaleng) yang di mana menafsirkan sebuah kesesakan di lautan karena sudah tercemar oleh sampah.

Instalasi SESAK tersebut bisa menimbulkan bebunyian karena gesekan senar dan kaleng ketika dimainkan. Instalasi tersebut dimainkan juga ketika closing exhib secara spontan oleh sang pengkarya yakni Mosyasubrata dan dibantu oleh Ipul, serta suara vokal oleh Theotaria, pertunjukan tersebut menarik perhatian para pengunjung karena bunyi yang dihasilkan.

Instalasi Sesak pada acara Bandung Contemporary Award 2022

Selang beberapa bulan, ada sebuah ide pemikiran baru dari Faqih Allawi untuk instalasi sesak, yaitu dibuat konsep secara dramatis lewat sebuah pertunjukan eksperimental untuk menghasilkan sebuah video yang bertajuk Sesak The Sound of Marine Debris yang disutradarai langsung oleh Faqih Allawi yang sempat menjadi kurator pada exhib Bait Pertama.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Latonya

    Nov 18, 2022 13:36

    %%

  • John Doe

    Ahmad

    Mar 14, 2023 16:45

    %%

  • John Doe

    Kraig

    Mar 19, 2024 20:42

    Is Pornstar UK Kayleigh Wanless Really As Vital As Everyone Says? porn star kayleigh wanless

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828