Virtual Museum, Mendapat Penghargaan Best Digital Social Solution

Telkom University kembali menjadi tuan rumah pengumuman hasil kompetisi Social Project, Innovillage 2022. Ini merupakan kegiatan hasil kerjasama antara Community Development Center PT. Telkom Indonesia dengan Telkom University yang telah melahirkan sejumlah inovasi dan solusi yang berdampak pada sosial dan masyarakat.

Kegiatan mengusung tema “Young Heroes in Action: Empowering Young Sociopreneur for National Development” dengan kampanye #DigitalUntukSemua. Pada Anugerah Innovillage 2022, beberapa inovasi dari mahasiswa Telkom University berhasil menyabet gelar juara prestisius pada beberapa kategori.

Nah mimin juga ingin mengenalkan nih, salah satu yang menyabet juara 1 kategori Best Digital Social Solution, salah satunya orang Sumedang nih, yang berkelompok dengan dua orang mahasiswa lainnya, inovasi yang digarapnya pun di Sumedang, yakni di Museum Prabu Geusan Ulun yang dibuat menjadi museum secara virtual dengan berjudul The New Museum Geusan Ulun Berbasis Inklusi.

Menurut penuturan Alaika Sugih Katresna mahasiswi asal Sumedang ini mengatakan, "karena aku orang Sumedang, tim aku ambil topik tentang Sumedang, dan sebelumnya  pernah penelitian juga di museum, untuk menambah pendigitalisasiannya, jadi kita bikin museum virtual pake augemnted reality (AR), terus kita bikin juga website tentang informasi-informasi kegiatan, untuk koleksi artefaknya karena katanya dulu ga bisa dibuka, augmented reality nya kita bikin aplikasi treasure hunt, AR digunakan buat nampilin informasi artefak dengan tampilan yang lebih menarik yang cuma bisa ditampilin kalau berkunjung ke museum." ujarnya saat diwawancara pihak inimahsumedang, 26/12/2022

AR yang dikemas dalam bentuk audio visual, dan menampilkan narasi secara verbal dan menampilkan objek dalam bentuk pop up animasi sederhana. Sistem fitur AR akan muncul kalau pengunjung melakukan scan di gambar yang telah ada marker nya. Selain itu juga, ada mini games untuk mencocokan nama artefak sama foto artefakanya. 

Kedepannya, mereka juga berharap agar terus bisa mengembangkan project tersebut untuk di museum, terus juga agar bisa digunakan untuk pengunjung disabilitas juga nantinya. Wah keren yah.

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828