Warga Sumedang Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia hingga awal pekan depan (14-18 Maret 2024).

Pemerintah Daerah dan masyarakat dimbau untuk siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem berupa hujan yang disertai angin kencang. Cuaca esktrem dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materil dan imateril. Selain itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Tiga bibit sikon tersebut masing-masing, bibit siklon tropis 91S, 94S, dan 93P yang termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia. Ketiganya, menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Berdasarkan Analisis BMKG, Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 - 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori SEDANG-TINGGI dalam 24 jam kedepan.

Begitu juga yang di Sumedang sendiri BPBD Sumedang mengimbau warga masyarakat agar mewaspadai kondisi cuaca belakangan ini.  Saat ini wilayah Sumedang tengah memasuki cuaca ekstrim. Dalam hal ini, cuaca sulit diprediksi apakah akan hujan atau tidak. "Saat ini sedang cuaca ekstrim, jadi kami tidak bisa memprediksi apakah sekarang cuaca hujan atau tidak. Ekstrim ini berbeda, karena peralihan dari el nino kemarin menjadi musim hidrometeorologi normal," kata Kepala Pelaksana BPBD  Atang Sutarno, Jumat (15/3/2023) dikutip dari sumedang.go.id.

Atang menambahkan, berdasarkan prediksi BMKG, cuaca ekstrim ini masih akan berlangsung cukup lama. Ia menggambarkan, dalam tiga hari ini Sumedang dilanda hujan disertai angin kencang. "Prediksi sampai bulan Mei. Kalau di darat kita rasakan angin kencang, kalau di laut itu gelombang tinggi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828