7 Kuliner Dari Sumedang

Banyak sekali kuliner yang enak dan khas di Kabupaten Sumedang. Nah kali ini, mimin ingin membahas 7 kuliner dari Sumedang yang populer pada masanya, dan sampai saat ini. Apa aja sih? Okeh kita simak.

1. Tahu Sumedang

Jika membicarakan tentang Sumedang, pasti nama makanan khas yang satu ini selalu tersebut. Ya, Tahu Sumedang. Makanan yang satu ini menjadi salah satu syarat wisatawan yang berkunjung ke Sumedang untuk mencicipi cita rasanya yang gurih. Selain itu juga, tahu Sumedang kaya akan nilai sejarahnya.

2. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu dari Pamulihan ini, menjadi produk unggulan Sumedang. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis mirip madu, dijamin bikin ketagihan. Konon ubi jenis ini, hanya bisa tumbuh di tanah wilayah Desa Cilembu yang bisa membuat rasa manis mirip madu dan tekstur yang lembut. 

3. Sawo Sukatali

Sawo Sukatali ini mudah dikenali dengan ciri khasnya. Sawo ini tampak keras, namun empuk saat dimakan dengan kandungan air dan takaran rasa manis yang pas. Buah yang memiliki nama latin Manilkara zapota ini menjadi salah satu keunggulan bagi warga Desa Sukatali. 

4. Kerupuk Bangreng

Makanan yang satu ini, akan membuat generasi 80-90an merasa teringat kembali saat menonton sesuatu pertunjukan, karena akan ada yang berjualan kerupuk bangreng. Pada masanya, kerupuk ini menjadi hits sekali, menjadi camilan populer. Kerupuk Bangreng dengan ciri khas warna-warni bungkusnya ini di produksi di Desa Cijeler.

5. Opak Oded

Wilayah Kecamatan Conggeang memiliki banyak industri opak. Salah satu produsen opak yang sudah terkenal di wilayah Conggeang adalah Opak Oded. Opak Oded bisa disebut perintis dari usaha industri opak di Kecamatan Conggeang. Nama Oded sendiri merupakan akronim dari Opak Dudang Enak Dimakan.

6. Asinan Sukasari

Asinan Sukasari yang terdiri atas dua jenis, yang meliputi sayur dan buah. Asinan ini terbuat dari bahan buah atau pun sayuran yang sudah direndam dalam air gula selama beberapa jam kemudian disajikan. Asinan ini sangat cocok dimakan ketika siang hari yang panas. 

7. Kadedemes

Di Sumedang, kulit singkong ini diolah menjadi masakan yang bercita rasa enak, yang diolah menjadi kadedemes adalah bagian dalam singkong yang berwarna putih bukan bagian kulit luarnya. Kadedemes merupakan oseng-oseng kulit singkong, dengan menggunakan ketela pohon.

Sebetulnya masih banyak sekali makanan dari Sumedang yang menjadi ciri khas di beberapa daerahnya masing-masing. Nanti kita bahas lagi yah. Sebutkan di kolom komentar yah wargi Sumedang.

- Sponsored Ad - post-title
Katen Doe
Penulis

INIMAHSUMEDANG

-

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel