Kendangers Sumedang: Ruang Ekspresi Kendangers

Ternyata, di Sumedang ada komunitas pemain kendang loh palarawargi. Namanya komunitas Kendangers Sumedang. Yap, komunitas yang sudah berdiri empat tahun lalu ini, masih eksis sampai saat ini, apalagi dengan membernya mencapai seratus orang lebih, dari mulai anak-anak hingga dewasa ada. 

Nah, Komunitas Kendangers Sumedang ini, ternyata tidak hanya ada di Kabupaten Sumedang aja, tetapi ada dibeberapa Kabupaten Kota lain, di Jawa Barat. Eh, bahkan tidak hanya di Jawa Barat saja, tetapi ada di beberapa provinsi lain, dan yang paling kerennya lagi, ada di luar negeri loh. Yaitu di Malaysia dan Brunei. Banyak banget kan berarti membernya. Untuk konsep pementasannya, tidak hanya rampak kendang saja, tetapi ada pemain tarompet dan kecreknya. 

Di Kabupaten Sumedang sendiri, Komunitas Kendangers Sumedang ini, berawal dari Abah Pesa sebagai ketuanya, yang kerap manggung ke sana kemari sebagai kendanger sering menjumpai beberapa pemain kendang dari beberapa daerah di Sumedang, dari situlah Komunitas Kendangers Sumedang terbentuk, sebagai wadah silaturahmi pemain kendang di Sumedang. Dari situ juga terjalin eratnya kekeluargaan para pemain kendang di Sumedang yang berbagai macam genre. "Jadi, ketika mau manggung di daerah mana pun akan aman, karena dari setiap daerah di Sumedang ada member." Kata Abah. 

Seiring berjalannya waktu, Komunitas Kendangers Sumedang ini, tidak hanya para pelaku pemain kendang saja, tetapi membuka untuk semua orang yang ingin gabung. Nantinya untuk pemula yang gabung di Komunitas Kendangers Sumedang ini, akan dilatih. Karena, di Komunitas Kendangers Sumedang sendiri dari berbagai membernya banyak variasi, ada yang skill lebih ke dangdut, ada yang lebih ke tradisi dan lainnya. 

Harapan kedepannya, Komunitas Kendangers Sumedang ini akan melaksanakan rekor muri se-Asia yang bekerjasama dengan komunitas Kendangers di luar Sumedang, semoga pandemi segera berlalu. Kedepannya juga ingin sosialisasi ke sekolah-sekolah juga. Untuk saat ini, tantangannya hanya pandemi saja. Nah, untuk palawargi yang ingin gabung, bisa datang langsung ke Kampung Wayang, Dusun Cimasuk 1, RT.01/07 Desa Pamulihan, Kecamatan Pamulihan atau dm ke instagramnya @kendangers.sumedang.

- Sponsored Ad - post-title
Katen Doe
Penulis

INIMAHSUMEDANG

-

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel