Segarnya Mata Air Cikandung

Anak-anak riang sekali bermain air. Kerap kali mereka bermain di mata air Cikandung. Begitu warga setempat menyebutnya. Mata air yang sudah sejak dulu dijaga oleh masyarakat setempat ini menjadi berpenghasilan sekarang untuk warganya, karena banyaknya pengunjung yang berdatangan untuk menikmati mata air Cikandung ini. Air yang begitu jernih, sejuk, hamparan sawah membentang luas, apalagi kawanan pohon pinus yang selalu meneduhkan.

Mata air Cikandung ini, sudah sejak lama dirawat oleh warga setempat, berletak di Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Jika dulu, mata air ini kerap sekali digunakan untuk berbagai kebutuhan air bersih sehari-hari warga, mandi dan mencuci pakaian. Mata air Cikandung ini tidak pernah habis, air yang keluar dari bebatuan hingga membentuk kolam yang jernih itu, menghasilkan debit air 1.200 liter per detik. Memberi subur kepada penghasilan warga seperti pesawahan yang terletak dekat dengan kolam mata air tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, wisatawan yang datang tidak hanya dari wilayah Sumedang saja, tetapi dari luar Sumedang berbondong-bondong ingin menikmati segarnya mata air Cikandung ini dan mengabadikan foto di dalam air, salah satu foto hits di mata air Cikandung tersebut. Palawargi siapkan saja kamera anti airnya yah.

Wisata alam mata air Cikandung ini, bisa terbilang cukup murah, palawargi hanya cukup membayar parkir saja. Jika kendaraan roda dua hanya 5.000 rupiah, dan kendaraan roda empat hanya 10.000 rupiah. Ya, karena wisata mata air Cikandung ini sudah dikelola oleh warga setempat. Dan ada beberapa tempat sampat, agar tempat tersebut tetap indah dan asri. 

Nah, untuk lokasinya sih tidak terlalu jauh juga sih. Jika palawargi berangkat dari arah Sumedang kota, cukup ke arah Cimalaka saja, atau bisa buka google map saja. Karena akses jalan ke sana sudah mumpuni sekali. Selamat berwisata ke mata air Cikandung yah! Jangan lupa abadikan momenmu dan tag di instagram kami @inimahsumedang.

- Sponsored Ad - post-title
Katen Doe
Penulis

INIMAHSUMEDANG

-

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel