Ada Pohon Trembesi Raksasa di Sumedang

Pohon trembesi atau biasa disebut dengan kihujan, di Sumedang sendiri mempunyai ukuran yang begitu besar, tumbuh di halaman Kantor Desa Tanjungmulya, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang. 

Jika pohonnya begitu amat besar, pohon tersebut telah berusia ratusan tahun. Apakah wargi Sumedang sudah melihat langsung?

Pohon trembesi tersebut, batang pohonnya tumbuh seperti payung. Akarnya pun telah tumbuh menyebar kesegala arah bahkan ke dalam tanah bangunan masjid dan pagar benteng yang ada disekitar.

Menurut Kepala Desa Tanjungmulya, Tatang Karseno, pohon kihujan berukuran besar yang ada di halaman kantor desa usianya diperkirakan lebih dari 200 tahun. 

"Dulu saat semasa buyut saya yaitu buyut Wiratma, ukuran pohonnya sudah sebesar ini. Uyut Wiratma sendiri usianya mencapai 120 tahun, jadi pohon ini usianya lebih dari 200 tahun," katanya.

Diceritakan bahwa buyutnya sebelumnya pernah berpesan untuk menjaga kelestarian dari pohon trembesi yang ada agar jangan sampai ditebang. Pasalnya, jika ditebang maka warga bakal kehilangan sumber mata air. Selain itu, bangunan yang ada di sekitarnya pun bakal ada yang hancur. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828