Alat Bernama Kupclang dari Desa Cisampih, Masuk Nominasi Tingkat Nasional

Siapa sangka, alat pengupas kolang kaling bernama Kupclang hasil inovasi dari Wahyu warga Desa Cisampih Kecamatan Jatigede masuk dalam 5 besar dan menjadi salah satu nominasi perebutan gelar juara dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional untuk kategori Inovasi TTG. 

Alat pengupas kolang kaling ini memiliki bentuk yang sederhana dan terbuat dari bahan baku kayu. Ada gagang besar dengan pisau pengupas di bagian bawah gagang yang berfungsi untuk memisahkan buah dengan kulitnya.

Sebelumnya, Kupclang berhasil meraih juara 1 pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Jawa Barat untuk kategori alat TTG Inovasi. Alat ini dinilai unik, dan sangat bermanfaat dalam membantu pekerjaan para penghasil kolang kaling.

Untuk memperebutkan gelar juara tersebut alat pengupas kolang kaling ini akan bersaing dengan alat inovasi TTG lainnya dari Kabupaten Tulang Bawang (Lampung), Kota Jakarta Timur (DKI), Kabupaten Pamekasan (Jawa Timur) dan Kabupaten Buleleng (Bali).

Kabid Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang Iwan Hermawan mengatakan alat pengupas kolang kaling dengan inivator Wahyu warga Desa Cisampih ini sebelumnya keluar sebagai juara pertama dalam lomba TTG tingkat Jawa Barat. 

"Atas keberhasilan tersebut maka alat pengupas kolang kaling ini menjadi wakil Jawa Barat dalam lomba TTG tingkat nasional," jelas Iwan, Sabtu (15/10/2022). Dikutip dari sumedangkab.go.id

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Jamika

    Oct 29, 2022 09:52

    Yesteгday, whіle I was at work, my sister stole my iphone and teѕteԀ to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My ɑpple ipad is now broken and sһe has 83 views. I кnow thіs is completeⅼy off topic but I had to sh

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828