Aneka Opak di Berbagai Kecamatan di Sumedang

Kalau ngomongin kuliner di Sumedang ya banyak dong, apalagi diberbagai daerah di Sumedang dengan khasnya, salah satunya Opak. Ya, camilan kriuk-kriuk yang ketika diberbagai toko oleh-oleh pasti ada nih. Sampai-sampai ada opak raksasa loh di Sumedang, itu loh yang menjadi tugu opak, hehe.

Opak adalah makanan khas berupa cemilan berbahan beras ketan dan makanan khas tradisi untuk Hari Raya biasanya, tapi kini sudah dibuat diluar hari raya dan dijual di toko-toko makanan dalam berbagai aneka rasa. Kini rasa opak sudah beragam, seperti rasa ikan, udang, bawang, rasa manis hingga rasa strawberry. 

Opak aneka rasa ini, adalah produk Sumedang, dari Kecamatan Conggeang, dan kini sudah dikenal di Jawa Barat. Opak aneka rasa beberapa pengusaha opak di Conggeang, yang menggunakan nama Opak Oded, Opak M Anah, Opak Nia, Opak Sukses, Opak Marisa, Opak Citra Mandiri, Opak Kurnia, Opak Sugema, Opak Cimei, Opak DPO, Opak MDS, Opak ONH, masih ada lagi? tulis di kolom komentar yah!

Akan tetapi, ada juga nih opak di kecamatan lain di Sumedang, dengan rasa yang asli masih bisa dijumpai di daerah Cimanggung yang dikenal sebagai Opak Cimanggung dengan bentuk mengembang dan mengembung. 

Untuk opak dari daerah Buahdua berukuran lebih besar, tebal dan sedikit kembung dengan warna lebih kuning kecoklatan. Opak Buahdua terasa lebih renyah dan berbeda rasanya dengan jenis opak lain. Cara membuatnya pun berbeda, begitu juga resepnya. 

Daerah lain di Sumedang yang juga membuat opak adalah kampung Bakom, Kecamatan Linggajaya dan Kecamatan Cisitu. Disini ada beberapa kampung opak yang warganya membuat opak secara turun-temurun.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828