Antropolog Asal Jerman Teliti Kuntilanak

Hantu kuntilanak menjadi sosok mistis yang sangat terkenal di Indonesia. Kuntilanak biasanya selalu digambarkan sebagai sosok hantu perempuan berambut panjang yang memakai gaun tidur putih.

Selain itu, hal yang sangat identik dengan sosok hantu kuntilanak adalah suara tawa yang memekik dan menyeramkan. Sosok kuntilanak menjadi hantu yang kisahnya populer dari kawasan Pontianak, Kalimantan Barat.

Namun, seorang antropolog asal Jerman bernama Timo Duile lantas berusaha meneliti mengenai asal-usul kuntilanak. Penelitian Timo Duile itu berjudul Kuntilanak: Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia pada 2020. Sosok kuntilanak ternyata juga sangat terkenal di kawasan rumpun melayu seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam.

Masyarakat di kawasan negara-negara rumpun melayu justru menyebut kuntilanak dengan sebutan pontianak. Pontianak digambarkan sebagai sosok mayat hidup yang mengganggu kehidupan manusia karena tidak merasa tenang setelah meninggal dunia.

Nama Pontianak memang tidak terlepas dari asal-usul kota tersebut yang identik dengan keberadaan kuntilanak. Kata Ponti memiliki arti 'pohon tinggi' yang memang banyak ditemui di kawasan hutan kota Pontianak pada zaman dulu.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828