Bekas Kediaman Rumah Pangeran Mekah di Sindang Taman

Wargi Sumedang pasti sudah sangat mengenal Pangeran Aria Soeria Atmdja, Ya Bupati Sumedang terakhir yang bergelar Pangeran atau juga dikenal dengan nama Pangeran Mekah.

Pangeran Aria Soeria Atmadja tercatat menjabat sebagai Bupati Sumedang di masa Wadanaan pemerintahan VOC Belanda pada tahun 1882-1919.

Semasa menjabat menjadi Bupati ada beberapa rumah yang ditempati beliau, pertama Gedung Bengkok atau sekarang yang bernama gedung negara. Beliau juga memiliki rumah di Pangaduan Heubeul serta satu rumah singgah yang berlokasi di Sindang Taman atau yang sekarang merupakan komplek perumahan Asabri

Kediaman Rumah Pangeran Mekah di Sindang Taman. Foto: google

Nama Sindang taman sendiri berarti Sindang yang bermakna Singgah atau Istirahat dan Taman yang berarti tempat yang asri. Konon dulunya di depan rumah singgah yang berlokasi di Sindang Taman tersebut, ada situ atau danau serta di kelilingi pepohonan rindang nan asri.

Kini bekas rumah tersebut dikeliling rumah-rumah penduduk dan hanya menyisakan tatapakan atau pondasi untuk rumah panggung. Bangunan rumahnya sendiri dulu sempat dibakar dan dirusak sekitar tahun 1960-an oleh gerombolan DI/TII. Rumah tersebut dibakar karena konon rumah-rumah dahulu memiliki paku emas dan diduga para gerombolan tersebut mencari paku emas.

Namun tercatat juga dahulu gerombolan tertangkap oleh Tentara Nasional tak jauh dari area tersebut. Saat ini area tersebut telah tercatat sebagai cagar budaya dan telah dilindungi oleh undang-undang Cagar Budaya.

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828