Bioskop Pasifik dan Bentrokan Pada Masa Hindia Belanda

Jika wargi Sumedang tahu, dulu ada beberapa gedung bioskop di Sumedang pada masanya loh! Seperti Diana, Sindangraja, Kische dan Bioskop Pasifik. Apalagi gedung pasifik yang sekarang beralih fungsi menjadi outlet pakaian ternama, tentunya wargi Sumedang tahu dong, dulunya gedung tersebut adalah gedung bioskop? Pasti sudah tahu.

Siapa dulu yang pernah sempat menonton film di Bioskop Pasifik?

Kali ini, mimin akan mengulas tentang gedung Bioskop Pasifik. Nah gedung tersebut, merupakan salah satu bangunan tua yang berada di wilayah Sumedang. Lokasinya berada di pinggir jalan Prabu Geusan Ulun dan berdekatan dengan jembatan Cipeles. Tepatnya di sebelah selatan aliran Sungai Cipeles yang membelah kota Sumedang. 

Berdasarkan catatan sejarah, bangunan gedung Bioskop Pasifik yang didirikan oleh seorang saudagar berkebangsaan Belanda yaitu Meneer Boesee pada tahun 1920-an. Gedung Bioskop Pasifik kemudian diresmikan oleh Bupati Sumedang kala itu, Dalem Soeria Soemantri. Dengan adanya gedung Bioskop Pasifik tersebut, menjadikannya sebagai sarana hiburan rakyat yang paling modern saat itu di wilayah Sumedang.

Gedung tersebut pernah beralih fungsi pada tahun 1942, ketika penjajah Jepang datang. Beralih fungsi menjadi tempat pertunjukan kesenian tradisional. Kesenian tradisional Sunda seperti Wayang Golek, Sandiwara, Ketuk Tilu dipentaskan di gedung ini. Pada waktu itu, gedung tersebut diganti namanya menjadi Gedung Sakura.

Setelah Indonesia merdeka, gedung tersebut dikembalikan fungsinya sebagai saranan pertunjukan film lagi oleh pemerintah. Film yang diputar masih sama jenisnya dengan jenis film sebelumnya yaitu film bisu. Perbedaannya adalah sebelum pemutaran film, biasanya ditampilkan dulu musik tradisional Dogdog. Untuk nama gedungnya diubah dari Gedung Sakura ketika zaman penjajahan Jepang menjadi Bioskop Tjahaja. Dan namanya berubah kembali menjadi Bioskop Kutamaya, lalu berganti lagi menjadi Bioskop Pasifik.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Cole

    Nov 02, 2022 18:57

    Good way of tellіng, and pleasant piece of wгiting to take data concerning my presentation subject matter, which i am going tо present in college.

  • John Doe

    Kasey

    Nov 09, 2022 22:05

    This is mү first time pay a visit at here and i am actually impressed t᧐ read everthing at alone place.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828