Bupati Sumedang: Sekilas Tentang Pangeran Aria Soeria Atmadja

Alun-alun Sumedang, selain Monumen Lingga yang ada di tengah-tengahnya, terdapat beberapa tokoh Bupati Sumedang terpampang jelas dari mulai Pangeran Pangeran Aria Soeria Atmadja atau Pangeran Mekah hingga Bupati kita yang sekarang yakni H. Dony Ahmad Munir.

Membicarakan Alun-alun dan Monumen Lingga di Sumedang tersebut, tentunya ada sangkut pautnya dengan Bupati Sumedang satu ini, yaitu Pangeran Aria Soeria Atmadja. Tahu dong Monumen Lingga tersebut wargi Sumedang? Nah, pada salah satu tulisan di Monumen Lingga tersebut ada tulisan seperti ini:

"Pangabakti Ka Suwarginan Pangeran Soeriaatmadja, Bupati Sumedang 1883-1919, ping 1 Juni 1919". 

Monumen Lingga tersebut dibangun sebagai bentuk penghormatan Pemerintah Hindia Belanda dengan Gubernur Jenderal kala itu, yakni Mr. Dirk Fock kepada Pangeran Pangeran Aria Soeria Atmadja pada bulan April 1922.

Banyak sekali hal yang harus kita ketahui bersama mengenai Bupati Sumedang yang terakhir bergelar Pangeran tersebut. Kenapa Pemerintah Hindia Belanda memberikan Penghormatan kepada beliau?

Pangeran Aria Soeria Atmadja lahir di Sumedang pada tanggal 11 Januari 1851 pada hari kamis dengan nama kecil Raden Sadeli. Ayahnya bernama Pangeran Aria Soeria Kusumah Dinata atau Pangeran Sugih dan ibunya bernama Raden Ayu Ratna Diningrat . Pangeran Aria Soeria Atmadja mempunyai karakrer terpuji, rajin cerdas dan penuh inisiatif.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Lincoln

    Aug 31, 2022 00:30

    Ηi, this weekend is pleasant іn favor of me, for the reason tһat this moment і am reading this imprеssive educational post here at my resіdence.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel