Cerita Rakyat: Sasakala Gunung Tampomas

Pada tulisan mimin sebelumnya, sudah dijelasin yah tentang Gunung Tampomas. Nah kali ini, mimin akan membahas mengenai cerita rakyat atau legenda dari Gunung Tampomas yang banyak diceritakan.

Sastra lisan merupakan kesusasteraan yang mencakup ekspresi kesusasteraan warga suatu kebudayaan yang disebarkan dan diturun-temurunkan secara lisan dari mulut ke mulut.

Okey, kita mulai ceritanya yah wargi Sumedang.

Pada zaman dulu, ada sebuah kerajaan, Sumedang Larang namanya. Kerajaan itu aman dan makmur. Penduduknya hidup dengan tenang dan senang. Mereka tidak pernah kekurangan makanan, pakaian, perumahan, atau keperluan-keperluan lainnya. Kemakmuran itu terutama berkat tanah yang subur.

Di Sumedang Larang sebelah utara, ada sebuah gunung berapi, namanya Gunung Gede. Hutannya lebat sekali. Gunungnya indah dipandang dari kejauhan, hutan itu pun banyak member manfaat bagi warga kerajaan. Pada musim kemarau, kerajaan tidak pernah kekurangan air. Sebaliknya di musim hujan, tidak pernah terjadi banjir.

Sumedang Larang dianugerahi keuntungan lain, yakni raja mereka yang masih muda belia adalah orang yang adil dan bijaksana. Sang raja adalah juga seorang perwira yang perkasa dan ditakuti oleh raja-raja lain yang bermaksud jahat dan penjahat-penjahat yang suka menggangu ketentraman. Beliau pula yang mengajar rakyatnya agar tidak merusak hutan dan mengganggu margasatwa sehingga negeri Sumedang Larang tetap indah dan makmur.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Holly

    Aug 27, 2022 01:40

    The Cyprus Turkish Football Association (Turkish: Kıbrıs Türk Futbol Federasyonu, KTFF) is the governing body of football in the Turkish Republic of Northern Cyprus. Recognized on 29 October 1955, during English colonial concept in Cyprus, it was relat

  • John Doe

    Yoga

    Jun 08, 2023 18:56

    [email protected]

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828