Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Sudah pernah main ke Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi? Untuk destinasi wisata yang rekomended dan sayang untuk dilewatkan ketika menghabiskan waktu libur. Salah satu rekomendasi tempat wisata alam adalah Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Ini merupakan area konservasi yang memiliki luas 12.420,70 hektar.

Wisata alam ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan yang menyegarkan pikirkan. Suguhan alam yang asri dan cuaca yang sejuk akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Secara administratif, kawasan ini sebagian besar termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sumedang dan sisanya masuk wilayah Kabupaten Garut dan Bandung. Sebagian besar area berada di Sumedang dan Garut. Secara geografis kawasan TB. Gunung Masigit-Kareumbi terletak antara 6° 51′ 31” sampai 7° 00′ 12” Lintang Selatan dan 107° 50′ 30″” sampai 108° 1′ 30” Bujur Timur. Topografi kawasan umumnya berbukit dan bergunung dengan puncak tertinggi adalah Gunung Karenceng ± 1.736 mdpl, sudut kemiringan bervariasi dari 20% – 30%.

Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 11 taman buru, dan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini menjadi salah satunya. Kawasan ini menjadi tempat pemberdayaan masyarakat, penangkaran rusa, serta pendidikan dan pelatihan konservasi lainnya. Untuk penangkaran rusa sendiri ditempatkan pada lahan dengan luas mencapai 45-48 hektar dengan sekitar 47 rusa.

Adanya penangkaran rusa ini bukan hanya sebagai pengembiakan biasa. Namun juga menjadi pemantau bagi binatang liar lainnya yang menjadi penyeimbang ekosistem hutan. Dengan adanya rusa tersebut, binatang liar lain mulai bermunculan seperti macan tutul, babi hutan, landak, berang-berang, elang dan lainnya. Terdapat pula beragam jenis pepohonan besar seperti puspa, caringin, rancamala dan masih banyak lagi.

Nama Masigit berasal dari nama sebuah bukit (pasir masigit) yang berada di sebelah timur dari kawasan wisata. Sedangkan nama Kareumbi diambil dari nama sebuah gunung yang ada di sebelah barat kawasan. Nama kareumbi juga merupakan nama jenis pohon (Homalanthus populneus). Konon dulu pohon ini banyak terdapat di gunung kareumbi.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Kandis

    Feb 23, 2024 10:31

    Ӏt's a shame you don't have a donate buttоn! I'Ԁ cеrtainlу donate to this brilliant blog! I sսppose for noԝ i'll ѕettle for bߋokmarking and adding your RSS feed to my Googⅼe account. I look fοrward to fresh updates and will talk about this sіte with

  • John Doe

    Lupita

    Feb 25, 2024 07:49

    Ƭhɑnks for ѕharing your thoughts about Sumedang. Regarɗs

  • John Doe

    Paul

    Feb 29, 2024 02:00

    I liқe tһe һelpful information you provide in your articles. Ι will bookmark your weblog and check again here regularly. I'm quite certain I'll learn plenty of new stuff right һere! Best of lᥙck for the next!

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828