Para Pegiat dan Komunitas Literasi di Sumedang Kumpul untuk Pembinaan dari Balai Bahasa Jawa Barat

Untuk meningkatkan gerakan literasi di Kabupaten Sumedang, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat kali kedua kembali mengadakan pembinaan bagi komunitas penggerak literasi di kabupaten Sumedang yang diikuti oleh   pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat), pegiat literasi dan komunitas lainnya yang berkaitan dengan literasi. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 4-5 Maret 2024 yang bertempat di Hotel Kencana Jaya Sumedang, yang diikuti oleh 50 peserta dari berbagai komunitas literasi di Sumedang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Barat Dr. Herawati, M.A dan kegiatan ini terselenggara melalui sinergitas antara PD (Pengurus Daerah)  Forum TBM Kabupaten Sumedang juga PW (Pengurus Wilayah) Forum TBM Jawa Barat yang langsung dihadiri oleh Aam Siti Aminah sebagai ketua PW forum TBM Jabar. 

Kepala Balai Bahasa Jawa Barat mengharapkan setelah kegiatan ini diadakan, komunitas literasi yang ada di Sumedang bisa kembali aktif berkegiatan karena dengan hadirnya kemajuan teknologi tingkat kemajuan indek literasi kian dikhawatirkan menurun maka tidak heran banyak Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang berada di daerah mati suri. 

PW Forum TBM Jawa Barat dan Balai Bahasa berharap agar kegiatan ini harus terus dilakukan walapun untuk tahun ini kegiatan pembinaan Komunitas Penggerak Literasi  sangat terbatas.

Begitu juga yang diungkapkan oleh Ketua PD  forum TBM kabupaten Sumedang Mimin Rusmiati selama ini banyak TBM yang bergerak secara pasif dengan beragam faktornya diantaranya turunnya minat baca masyarakat karena pengaruh gadget, koleksi bacaan terbatas dan dipengaruhi juga tidak bisa menutupi biaya oprasional kegiatan karena hampir tujuhpuluh persen banyak TBM yang didirikan secara mandiri sehingga oprasionalnya banyak yang dikeluarkan oleh pribadi pengelolanya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828