Pelatihan Pembuatan Film: Siap-siap Nih, Festival Film Pendek Sumedang 2023

Sejumlah pelajar dan komunitas film di Sumedang berkumpul di Ruang kelas Gedung Creative Center (GCC) Sumedang, digelarnya pelatihan pembuatan konten visual, yang digelar Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Senin, 7 Agustus 2023. 

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencoba melakukan edukasi kepada para insan kreatif yang ada di Sumedang. Sejumlah siswa-siswi dari SMK Informatika Sumedang, juga perwakilan komunitas perfilman di Sumedang, dilibatkan. Beberapa narasumber juga dihadirkan.

Ketua Jurusan Televisi dan Film ISBI Bandung, Dara Bunga Rembulan, program pelatihan ini berawal dari kegelisahan dirinya terhadap dunia perfilman yang ada di daerah. 

"Kami mencoba menumbuhkan geliat perfilman di nasional, salah satunya di daerah Sumedang. Yang mana pada kesempatan ini kami melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dengan workshop perfilman, yang tujuannya untuk meningkatkan jumlah produksi film daerah," katanya.

Setelah dilakukan workshop, peserta diharapkan bisa memproduksi konten visual berupa film fiksi mau pun film dokumenter. "Kami anak-anak muda, juga komunitas film yang sudah ada potensinya. Karena Sumedang punya potensi alam yang bisa kita olah dan kemas dalam bentuk produksi film. Jadi ada sinergitas antara kami insan perguruan tinggi dan pemerintah daerah," kata Dara.

Namun yang terpenting kata Dara, yaitu sejauh mana produksi konten yang dihasilkan dapat menarik wisatawan untuk datang ke Sumedang. Dengan segala potensi yang dimiliki, juga akses yang mudah melalui Tol Cisumdawu.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Willis

    Aug 20, 2023 22:39

    Greɑt article, јust what Ӏ was ⅼooking fօr.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828