Pemkab Sumedang Akan Tuntaskan Perihal Warga Terdampak Tol

Beberapa hari lalu, tepatnya pada hari Rabu, 15 Maret 2023 ratusan warga berbondong-bondong beraksi di kawasan Tol Cisumdawu yang berada di Desa Sirnamulya. Ratusan warga tersebut berasal dari tiga desa terdampak proyek tol, yakni Desa Sirnamulya, Desa Mulyasari dan Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara.

Tuntutan warga tersebut yakni adanya kompensasi terhadap tanah dan sawah yang rusak akibat dampak tol. Kemudian pembebasan tanah dan bangunan yang terdampak tol. Ia menggambarkan, sejak ada pembangunan tol di Seksi 2 itu, sejumlah rumah warga mengalami retak-retak sehingga tidak bisa dihuni lagi.

Pemerintah Kabupaten Sumedang memastikan akan menuntaskan permasalahan warga yang terdampak Jalan Tol Cisumdawu. Warga dari tiga desa ini, yaitu Desa Sirnamulya, Desa Girimukti, dan Desa Mulyasari di Kecamatan Sumedang Utara, kembali menyampaikan aspirasi dan permasalahannya terkait dampak jalan tol, di antaranya adalah adanya kerusakan lahan sawah akibat pembangunan tol, kerusakan rumah warga yaitu retak-retak pada bangunannya, dan juga adanya masalah ganti rugi lahan yang belum dibayar.

"Dari sekian banyak yang telah disampaikan, kami sudah kompilasi datanya lalu kami pilah sesuai dengan bentuk dampaknya," kata Hilman.

Selanjutnya, Hilman menyebutkan akan menurunkan tim dari unsur Muspika, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa untuk melakukan verifikasi. Data yang dikumpulkan dari tim tersebut, nantinya akan menjadi bahn untuk dirapatkan oleh Forkopimda, yang rencananya dilakukan minggu depan.

"Ini sesuai arahan pak bupati. Minggu depan rapat khusus untuk membahas dampak jalan tol. Nanti pada rapat Forkopimda itu akan diputuskan penanganan dampak sesuai dengan jenis masalahnya, apakah itu rumah terdampak, tanah terdampak. Apapun yang terdampak nanti akan diputuskan oleh pak bupati dengan yang lainnya," kata Hilman.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828