Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia

Idul Fitri selalu disambut meriah di Indonesia, sebagai negara mayoritas muslim hari raya ini memang selalu meriah. Hari kemenangan disambut dengan perasaan suka cita. Berbagai kegiataan kerap dilakukan menyambut hari Lebaran.

Di Indonesia, perayaan Lebaran dirayakan besar-besaran oleh umat muslim di tanah air. Tradisi menyambut hari raya Lebaran ini menyatu dengan budaya dan tradisi di setiap daerah. Tradisi unik sambut Lebaran ini tidak terlalu sulit ditemukan, selain mudik masih ada beberapa tradisi unik lainnya loh.

1. . Tradisi Baraan 

Tradisi Baraan merupakan menjadi ciri khas perayaan Idul Fitri di Bengkalis, Provinsi Riau. Baraan yang dilakukan oleh masyarakat Bengkalis yang merupakan kegiatan kunjung mengunjungi jirang tetangga secara beramai-ramai pada saat memasukan bulan Syawal. Kegiatan baraan mempunyai bermacam-macam tingkatan atau jenis, mulai dari Baraan RT, RW, Desa, Mushola/Masjid, Kantor, Komunitas/Organisasi, sampai alumni sekolah. Dalam perayaan baraan, semua rumah di Dusun tersebut pasti akan mendapat giliran dikunjungi. 

Makanan yang dihidangkan oleh tuan rumah pun beraneka bentuk, mulai dari kue mueh, ketupat, opor ayam, dan banyak lagi. Uniknya kegiatan baraan ini sangat sarat dengan makna islami. Karena setiap berkunjung di setiap rumah, sebelum hendak makan atau setelah makan, dilakukan pembacaan Do’a.

2. Tradisi Nyembah Belari

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Veola

    Apr 06, 2024 16:57

    I've been surfing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It's pretty worth enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828