Readathon Bersama Bupati Sumedang dan Kang Maman

Readathon merupakan salah satu jenis kegiatan literasi sekolah. Secara etimologis, istilah readathon berasal dari dua kata, yaitu kata read (membaca) dan marathon (lari jarak jauh). Secara semantis leksikal,  readathon bisa berarti membaca bersama-sama dalam jangka waktu tertentu tanpa berhenti.

Jenis membaca, cara, proses, jangka waktu, dan hasil membaca dalam readathon tidak terlepas dari sejarah marathon yang diadopsi dalam kegiatan literasi. Dalam sejarah, marathon berasal dari Yunani. 

Konsep marathon digunakan untuk mengacu pada sekelompok prajurit Yunani yang berlari tanpa henti sejauh 42 km dari garis depan medan perang menuju markas besar agar bisa menyampaikan pesan penting untuk menyelamatkan bangsanya. 

Dari acuan historis dan adopsi kata tersebut, readathon berarti membaca bersama-sama dalam keadaan senyap tanpa henti selama 42 menit untuk memperoleh informasi penting dari bahan bacaan yang dibacanya.

Peserta readathon di sekolah terdiri dari seluruh siswa dengan bimbingan guru. Secara prosedural, guru terlebih dahulu memberitahukan tujuan/maksud  readathon, teknik membaca, waktu membaca, dan tindak lanjutnya.

Tujuan readathon antara lain untuk  menumbuhkan minat dan motivasi membaca, membiasakan membaca secara aktif, dan membangkitkan semangat akan pentingnya ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan membaca buku. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Marcus

    Sep 19, 2022 22:35

    I enjoy lоoking through a post that will make men and women tһink. Also, thank yoս for alloԝing me to comment!

  • John Doe

    Keisha

    Oct 03, 2022 12:13

    Ӏ'm amazed, Ι have to aԁmit. Selԁom do I come across a blog that's both eգually educative and amusing, and let me tell you, you've hit the nail on the head. The problem is an issue that too few people are speaking intelligently about. Ӏ am very happ

  • John Doe

    Jerrell

    Oct 03, 2022 23:26

    Thank you for tһe good writeuⲣ. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! However, how could we communicate?

  • John Doe

    Carlton

    Oct 09, 2022 11:55

    I’m not that much of a internet гeader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later on. Cheers

  • John Doe

    Juanita

    Oct 27, 2022 15:20

    %%

  • John Doe

    Rashad

    Mar 13, 2024 23:51

    The Main Problem With Tiktok Pornstars And How You Can Resolve It photos

  • John Doe

    Chong

    Mar 29, 2024 22:25

    15 Pornstar UK Kayleigh Wanless Benefits That Everyone Should Know subscription

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828