Sekilas Tentang Benteng Batarai, Jejak Pertahanan Belanda

Ada yang sudah pernah ke Benteng Batarai? Wargi Sumedang harus tahu nih, salah satu benteng bekas pertahanan Belanda saat itu. Namanya Benteng Batarai.

Perang dunia satu yang terjadi sekitar tahun 1914 hingga 1918, Benteng benteng menjadi saksi bisu kekuatan belanda saat menduduki wilayah sumedang kala itu. Strategi Belanda yang hebat hingga mampu membuat benteng-benteng pantauan hingga pertahanan kebanyakan berada di atas ketinggian.

Benteng Batarai atau lebih dikenal dengan nama Situs Batarai. Benteng tersebut terletak di atas puncak bukit di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara.

Dari lokasi benteng dapat terlihat  Pusat Kota Sumedang, Gunung Tampomas, Gunung Kacapi, Gunung Kareumbi, Puncak Gunung Cermai, liukan Jalan Tol Cisumdawu, perairan Indramayu dan tampakan pemandangan alam lainnya.

Tercantum dalam prasasti yang tertera di gapura sebelum memasuki benteng Batarai merupakan Benteng Peninggalan Belanda yang dibangun pada sekitar tahun 1911 - 1914.

Tak jauh berbeda dari benteng-benteng lainnya, Benteng Batarai memiliki pos pantau serta ruang bidik, namun dengan jendela tempat penyimpanan senjata, Namun, Benteng Batarai terlihat sangat sederhana. Dimana benteng tersebut  tidak memiliki sebuah bunker atau bangunan lainnya hanya  ada pos pantau saja.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Maldin

    Apr 27, 2022 18:10

    Nuju mondok di Al-ma'mun dinten minggon teh sok ameng kadinya niis.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828