Sekilas Tentang Keris Nagasasra II Pusaka Pangeran Kornel

Kalau wargi Sumedang melintas jalan bersejarah Cadas Pangeran, akan melihat patung dua orang yang sedang bersalaman, yaps, kedua patung tersebut yakni, Pangeran Kornel dan Gubernur Jendral Herman Willem Daendels. Mimin sudah pernah bahas kalau tentang peristiwa Cadas Pangeran ya. Kali ini mimin akan bahas tentang Keris yang dipegang oleh Pangeran Kornel saat bersalaman.

Keris tersebutlah yang dibawa dan digenggam sewaktu berhadapan dengan Gubernur Jendral Herman Willem Daendels, dalam peristiwa Cadas Pangeran. Keris tersebut bernama Keris Nagasasra (II).

Mengutip dari buku Sumedang Heritage tertulis saat Pangeran Kornel menggenggam Keris Nagasasra, "Alkisah, tibalah saat yang mendebarkan itu. Gubernur Jenderal Daendels yang pemarah dan galak itu (dia dijuluki mas galak dan “Tuan Besar Guntur” oleh rakyat) akan datang memeriksa. Para pekerja membayangkan apa yang akan terjadi saat Daendels tiba nanti. Pasti ada rakyat yang akan dihukum atau disiksa. Tapi untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan itu, Bupati Sumedang lebih dulu tiba di tempat itu. Dia tidak ingin ada rakyatnya yang disiksa hanya karena pekerjaan belum selesai.
Di hadapan ratusan pekerja yang menanti kedatangan Daendels, Pangeran Kornel menyambut dengan tenang. Ketika itu dia mengulurkan tangan kirinya untuk menyambut tangan kanan Daendels yang disodorkan untuk bersalaman, Pangeran Kornel malah bersiap-siap memegang kerisnya nagasasra, untuk menghadapi segala kemungkinan. Dengan tenang dan mata menyala serta suara tegas, dia menjelaskan mengapa penghancuran bukit cadas itu belum selesai." (Hal, 68 Sumedang Heritage)

Keris Nagasasra II yaitu pusaka yang dimiliki dari Raden Adipati Aria Surinagara (Kusumadinata IX atau Pangeran Kornel). Keris Nagasasra II tersebut ialah senjata kebesaran Pangeran Kusumaadinata IX atau Pangeran Kornel. 

Wujudnya sangat elegan menambah kegagahan, kejayaan, ketangguhan dan kewibawaan, kharisma serta ucapannya sakti dari Pangeran Kusumadinata IX atau Pangeran Kornel. 

Warangka Keris yang artistik, badan keris yang bermotif ukiran Ular Naga utuh dilengkapi dengan motif rangkaian daun dan bunga menambah keagungan keindahan dari Sang Nagasasra II.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Xavier

    Feb 15, 2024 05:15

    Hеllo every one, here еvery person is sharing theѕе kinds of familiarity, therefore it's good to read this webpаge, and I uѕed to go to sеe this wеbsite all the time.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828