Sumedang, Masa Kepemimpinan Pangeran Soeria Kusumah Adinata/Pangeran Sugih

Raden Somanagara diangkat menjadi Bupati Sumedang pada 20 Januari 1836. Setelah menjadi bupati, nama Raden Somanagara berganti nama menjadi Raden Tumenggung Soeria Kusumah Adinata, dan mendapat gelar Adipati dari pemerintah Belanda pada 14 Agustus 1841. Berdasarkan besluit pemerintah kolonial Belanda pada 31 Oktober 1850, dia mendapat gelar pangeran, sehingga disebut Pangeran Soeria Kusumah Adinata atau dikenal sebagai Pangeran Sugih.

Tumenggung Soeria Kusumah Adinata nampak jelas mewarisi sifat-sifat kakeknya, Pangeran Kornel. Dia cerdas, pandai dan bijaksana memimpin dan sangat memperhatikan nasib rakyat Sumedang. Dia banyak membangun prasarana jalan, dan pengairan sawah untuk petani dan memajukan bidang pertanian guna meningkatkan taraf hidup rakyatnya.

Kebijakan pemerintah Belanda yang memberatkan rakyat, diusulkan kepada pemerintah untuk dihapuskan. Pada tahun 1885 misalnya, Belanda terpaksa mencabut peraturan penanaman tarum (nila), dan tanah bekas tarum tadi ditanami padi huma. 

Pada masa pemerintahan Bupati Pangeran Soeria Kusumah Adinata kehidupan ekonomi di Sumedang terus meningkat baik. Di kota Sumedang perekonomian semakin maju. Pasar dan toko terus bertambah karena daya beli rakyat meningkat. 

Program peningkatan kesejahteraan berhasil sehingga rakyat berkecukupan. Di sepanjang kota, toko toko dan warung bertambah. Pada tahun 1856 di kota Sumedang sudah terdapat 116 toko dan 18 warung, seiring dengan meningkat jumlah penduduk Kabupaten Sumedang yang mencapai 188.969 orang pada tahun 1856 itu. Pada tahun itu sudah ada 10 sekolah dasar.

Sejarah juga mencatat bahwa Bupati Sumedang, Pangeran Soeria Koesoemah Adinata ini atau Pangeran Sugih ini, selain sangat cakap dalam bidang pemerintahan dan pembangunan ekonomi di daerahnya, juga dikenal sebagai seorang tokoh seni atau budayawan. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Lucinda

    Sep 22, 2023 01:16

    After I originally left a comment I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I recieve four emails with the exact same comment. Perhaps there is a means you are able to remove me fro

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828