Tarawangsa Sumedang Akan Tampil Dibeberapa Festival Besar di Denmark dan Jerman

Keren nih wargi Sumedang, seniman Tarawangsa Pusaka Sunda Lugina diundang di beberapa Festival di Denmark dan Jerman loh! Tentunya festivalnya, festival besar di negaranya masing-masing. Wah keren sih ini. 

Para seniman tarawangsa akan tampil di Roskilde Festival, Copenhagen Jazz Festival Denmark dan Rudolstadt Festival di Jerman. Per hari ini Minggu, 30 Juni 2024 para seniman dari Rancakalong sudah berangkat dan akan tampil selama sembilan hari yang dimulai dari 6 Juli 2024. 

Salah satu seniman tarawangsa dari Sanggar Sunda Lugina Anwar mengatakan, "Saya awalnya berharap semua anggota penggiat seni Tarawangsa Rancakalong, bisa berangkat ke acara tersebut tetapi kuota yang berangkat ditentukan dari pihak festival,” kata Anwar.

Lanjutnya lagi, Anwar mengatakan dengan keberangkatan mereka dengan hadirnya seni tarawangsa bisa menjadi motivasi, "Mudah-mudahan dengan berangkatnya seni tarawangsa ke acara tersebut bisa memotivasi untuk regenerasi selanjutnya untuk terus melestarikan kesenian Tarawangsa," katanya.

Adapun dari Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang Nandang Suparman mengatakan pihaknya sangat bersyukur Tarawangsa yang merupakan warisan budaya Sumedang akan tampil di Denmark dan Jerman mewakili Indonesia. "Luar biasa, Tarawangsa warisan Sumedang akan tampil di Denmark dan Jerman mewakili Indonesia,” imbuhnya.

Tampilnya Seni Tarawangsa di Festival Denmark dan Jerman tersebut tidak hanya sebatas memberikan promosi terhadap seni budaya Sumedang, tapi dapat menginformasikan bahwa Sumedang itu kaya akan budaya.

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel