Teater Gulamsaka Gelar Pertunjukan Teater "Ayahku Pulang"

Naskah "Ayahku Pulang" karya Usmar Ismail berhasil dipentaskan oleh anak-anak ekstrakurikuler teater SMAN Tanjungsari di Gedung Serbaguna SKB, Tanjungsari pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

Ekstrakurikuler sudah sepatutnya menjadi ajang penyaluran minat dan bakat para siswa di luar mata pelajaran yang ada dalam kurikulum sekolah. Ekstrakurikuler Teater Gulamsaka yang sudah berdiri sejak tahun 2010-an ini merupakan salah satu ekskul yang ada di SMAN Tanjungsari. Bahkan para alumninya setelah lulus sekolah pun masih aktif berteater hingga membentuk komunitas Teater Gulamsaka di luar sekolah. 

Proses kreatif inilah yang kemudian melahirkan atmosfer seni teater di Tanjungsari cukup menggeliat. Pementasan "Ayahku Pulang" karya Usmar Ismail kemarin adalah salah satu bukti nyatanya. Agenda Open House ini merupakan rangkaian terakhir dari penerimaan anggota baru Ekstrakurikuler Teater Gulamsaka serta hasil implementasi dari pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) teater yang telah dilaksanakan bulan Oktober 2022 silam.

Dalam Open House kali ini, Ekskul Gulamsaka mementaskan naskah berjudul “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail. Ajang tahunan ini menjadi proses pembelajaran bagi para anggotanya serta mampu meningkatkan minat dan bakat mereka dalam teater.

Pertunjukan Teater Ayahku Pulang dari Gulamsaka. Foto: Sogen

Open gate dimulai pukul 13.30 WIB, sementara para penonton sudah mulai memenuhi kawasan SKB satu jam sebelumnya. Penonton yang hadir pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Kepala Sekolah SMAN Tanjungsari, serta beberapa guru, dan para orang tua siswa anggota Gulamsaka. 

Sedangkan penonton umum terdiri dari siswa-siswi sekolah sekitar Tanjungsari, dan para mahasiswa Unpad Jatinangor. Suasana lebaran dengan gema takbiran dihadirkan oleh tim musik ketika para penonton memasuki gedung pementasan. Hal ini dilakukan agar penonton ikut terbawa suasana malam hari raya, yang juga menjadi latar waktu pada naskah yang akan dipentaskan. Lalu acara dibuka dengan kata sambutan dari Pimpro, Ketua Ekskul, Pembina Ekskul, dan Kepala Sekolah SMAN Tanjungsari. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828