Tentang Jurig Gulutuk Sengir, Si Hantu Kepala

Hantu atau jurig dalam bahasa Sunda biasanya kerap dikonotasikan sebagai sosok seram yang tentunya amat menakutkan bagi kita semua. Wujudnya pun sama sekali tak diharapkan kehadirannya apalagi untuk kita yang tak sengaja melihat sosok astral.

Nah di masyarakat Sunda khususnya di Sumedang tentunya tidak asing lagi dong dengan hantu yang satu ini, namanya pun unik yaitu Jurig Gulutuk Sengir. Kalau wargi Sumedang pernah dengar atau punya cerita tentang hantu tersebut silakan tulis di kolom komentar.

Makhluk halus ini cukup popular dikalangan masyarakat Sunda. Beberapa orang menyebutkan wujud jurig gulutuk sengir adalah sebuah potongan kepala yang terpisah dari badannya, dan menggelinding dengan sorotan mata yang melihat arah korbannya lalu tersenyum.

Jurig gulutuk sengir berawal dari kata, gulutuk yang memiliki arti menggelinding, dan sengir diambil dari kata nyengir yang memiliki arti senyuman sinis atau senyuman yang memiliki arti menghina. 

Jurig gulutuk sengir adalah hantu yang berwujud kepala saja tanpa memiliki badan, konon penampakannya di hadapan manusia hanya sekilas saja, dengan cara mendekati korbannya lalu memperlihatkan ekspresi senyuman yang mengerikan di hadapan korbannya, lalu menghilang di balik rimbunnya semak belukar.

Hantu kepala ini begitu popular dikalangan masyarakat Sunda, terutama dikalangan masyarakat Sumedang. Menurut berbagai sumber, jurig gulutuk sengir berasal dari masa penjajahan dahulu, jurig gulutuk sengir dipercaya sebagai arwah penasaran dari para tahanan, yang dihukum mati dengan cara dipancung karena tidak taat dan melawan kaum penjajah pada masa itu.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Charissa

    Dec 06, 2023 09:42

    Gгeat article, јuѕt what I wɑs looking for.

  • John Doe

    June

    Dec 14, 2023 08:03

    I ᴡas ᴡondering if you ever considered changing the structure of your weƅsitе? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in tһe way of content so pe᧐plе could connect with it better. Youve got ɑn awful lo

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828