Tradisi Munggahan, di Tempat Wargi Sumedang Masih Ada?

Siapa yang di tempatnya masih mengadakan munggahan? Wargi Sumedang tahu dong mungggahan? Anak zaman now tahu gak ya munggahan? Hehe, boleh langsung komentar yah!

Tidak terasa yah, beberapa hari lagi, akan memasuki bulan suci Ramadan. Sungguh momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Selama sebulan penuh, umat Muslim akan berpuasa. Apalagi pemerintah sudah membolehkan terawih loh! Mimin jadi inget masa kecil dulu.

Suasana bulan Ramadan yang selalu dirindukan. Orang-orang biasa memanfaatkan momen untuk bersilaturahmi dengan berbuka puasa bersama dan tak lupa, kehadiran para penjual takjil, menjual menu-menu untuk berbuka puasa, yang bahkan jarang ditemukan pada hari biasa loh!

Untuk menyambut bulan suci Ramadan, beberapa daerah di Indonesia mempunyai tradisi khusus yang dilakukan secara turun-temurun loh! Tradisi tersebut merupakan lambang sukacita, rasa syukur, silaturahmi, sekaligus pengharapan agar ibadah mereka dilancarkan. 

Nah masyarakat Sunda, Jawa Barat, ada dua tradisi yang biasa dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadan, yaitu munggahan. Di tempat wargi Sumedang masih ada?

Arti kata munggahan, dalam bahasa Sunda, unggah berarti naik. Makna tersebut sebagai naik ke bulan suci yang tinggi derajatnya. Tradisi tersebut terus dilakukan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur, membersihkan diri dari hal-hal buruk selama setahun ke belakang dan mengharapkan agar terhindari dari perbuataan kurang baik selama menjalankan ibadah puasa.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Gaston

    Sep 15, 2022 15:14

    DoMyOnlineClass123 is the leading platform for complete online claѕs help. The affordabnle rates and experts’ assistance makes սs students’ favoгite. Our tutors can even take the online exams for you.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828