Upacara Adat Ngalaksa Tahun Ini Digelar, Sekaligus Penyerahan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

Setiap tahunnya di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mengadakan Upacara Adat Ngalaksa, kegiatan tersebut merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh Masyarakat Adat Rancakalong, sebagai bentuk syukur atas hasil panen padi. Perihal ngalaksa sudah pernah mimin tulis yah.

Pada tahun ini, kegiatan masih dilaksanakan di Desa Wisata, dan pembukaan digelar di Terminal Rancakalong pada hari Selasa, 02 Juli 2024. Tentunya dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan atraksi budaya, mulai dari pagelaran "Nyi Pohaci Ngaraksa Diri", Seni Tarawangsa, Pencak Silat dan arak-arakan reak serta kuda renggong.

Pembukaan Upacara Adat Ngalaksa, dibuka langsung oleh Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli. Dalam sambutannya, Pj Bupati Sumedang juga memberikan apresiasi kepada masyarakat adat Rancakalong, yang telah menjaga dan melestarikan tradisi leluhur Upacara Adat Ngalaksa ini dengan sangat baik.

"Momentum ini dapat dikatakan sebagai upaya untuk menjaga serta menumbuhkan kembali falsafah dan budaya luhur masyarakat Sunda demi kepentingan dan kelangsungan kehidupan bagi generasi mendatang," kata Pj. Bupati Sumedang.

Adapun penyerahan Sertifikat dari Kemendikbud tentang Penetapan Ngalaksa dan Tarawangsa sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di Jawa Barat kepada Camat dan pelaku seni. 

Setelah selesai kegiatan pembukaan di terminal, dilanjutkan arak-arakkan dari warga menuju ke Desa Wisata tempat berlangsungnya Upacara Adat Ngalaksa dilaksanakan selama beberapa hari kedepan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel