Dari Gunung Bongkok Bisa Melihat Keindahan Sumedang

Dari jalanan Ganeas, ada salah satu gunung yang jika kita melihat sepintas, ingin melihat lagi. Jika wargi Sumedang pernah berwisata religi ke Dayeuh Luhur, maka gunung tersebut akan terlihat jelas dan akan melewati gunung tersebut. Kebanyakan orang menyebutnya Bagug Anjing.

Walau dinamai dengan nama gunung, sebenarnya Gunung Bongkok lebih cocok jika disebut sebagai sebuah bukit. Hal ini dikarenakan Gunung Bongkok memiliki ketinggian kurang dari 1000 meter dari permukaan laut. Ketinggian puncak Gunung Bongkok sendiri berada pada elevasi 810 meter di atas permukaan laut.

Gunung Bongkok dari dekat. Foto: Ipul

Gunung tersebut berlokasi di wilayah Desa Dayeuh Luhur Kecamatan Ganeas. Tepatnya di sisi barat laut wilayah Desa Dayeuh Luhur yang berbatasan dengan wilayah Desa Tanjunghurip di kecamatan yang sama. 

Gunung Bongkok ini menjadi bagian dari barisan perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan di Kecamatan Ganeas, dimulai dari Pasir Karajunan, Gunung Bongkok, Gunung Gedogan, dan Gunung Bedil yang tersambung juga dengan barisan perbukitan dimana lokasi Gunung Gajah berada.

Akses menuju puncak Gunung Bongkok, menggunakan jalan setapak yang bisa dilewati dengan jalan kaki atau naik sepeda, baik dari arah utara mau pun arah timur. Aksesnya melintasi lahan pertanian penduduk dengan jalanan yang cukup menanjak.

Nah yang menjadi ciri khas Gunung tersebut yaitu, adanya bongkahan batu besar di puncaknya. Setidaknya ada tiga bongkahan batu besar yang menghiasi puncak Gunung Bongkok. Bongkahan batu pertama terletak di dekat puncak Gunung Bongkok. Dan yang kedua dan ketiga terletak di tebing sebelah barat laut puncak Gunung Bongkok dengan letak yang tidak terlalu jauh dari bongkahan batu pertama. 

Dari jalan terlhat Gunung Bongkok. Foto: Ipul

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Janette

    Nov 26, 2022 10:07

    Since the аdmin of this web page is working, no uncertainty very rapiⅾly it will be famous, due to its feature contentѕ.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828