Menikmati Keindahan Alam Sumedang dari Puncak Gunung Gajah

Kalau sekadar untuk hiking pulang pergi langsung sepertinya gunung yang satu ini salah satu yang kerap didaki, wargi Sumedang juga mungkin pernah mendaki gunung tersebut. Melihat keindahan alam Sumedang dari puncak adalah bonusnya. Tetap hati-hati yah jika mendaki gunung tersebut. 

Ya, Gunung Gajah. Merupakan sebuah nama untuk lokasi ketinggian yang berada di sebelah timur wilayah Kampung Batugara. Tepatnya berada di perbatasan wilayah Desa Cikondang Kecamatan Ganeas dengan Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan. Walau memiliki nama gunung, namun lokasi Gunung Gajah lebih cenderung berupa sebuah bukit.

Puncak Gunung Gajah sendiri memiliki ketinggian elevasi sekitar 880 meter di atas permukaan laut. Gunung Gajah menjadi salah satu puncak bukit dari gugus perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan. Gugus perbukitan ini menjadi batas wilayah Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Ganeas. Dimulai dari Gunung Pangadegan di utara yang termasuk wilayah Ganeas, Sumedang Selatan dan Sumedang Utara, Gunung Goong atau Buntut Gunung Gajah kemudian Gunuung Gajah, sampai Gunung Kasur.

Nah, untuk menuju ke Puncak Gunung Gajah tersebut, bisa menggunakan jalur timur dan jalur barat. Jalur timur ini masuknya dari daerah Desa Cikondang, sementara dari arah barat menggunakan jalur dari Desa Gunasari atau Desa Cipancar. Jalur timur melewati kawasan Desa Cikondang merupakan akses paling mudah dan paling dekat dalam akses pendakian ke Puncak Gunung Gajah. Jalur masuknya dari Kampung Batugara menggunakan jalan setapak melintasi kawasan pesawahan dan perkebunan penduduk. Jalur pendakiannya dimulai dari jalan datar, menanjak sampai melintasi tebing yang agak curam sebelum sampai di puncak.

Puncak Gunung Gajah sendiri berupa puncak bebatuan yang menjorok ke arah selatan. Dari puncak Gunung Gajah ini pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan kawasan sekitar. Melihat ke arah timur akan terlihat dengan jelas hamparan kawasan Kampung Batugara yang dikelilingi oleh hamparan lahan pertanian. Di sebelah selatannya merupakan kawasan perbukitan, dan jika melihat ke sebelah timurnya pengunjung disuguhi hamparan lahan pertanian, lahan hutan beserta perkampungan di kawasan Sumedang Selatan seperti Desa Cipancar, Desa Baginda dan Desa Gunasari. Melihat ke sebelah selatan, pengunjung bisa melihat Gunung Tampomas di kejauhan.

Puncak Gunung Gajah ini masih bebas untuk dikunjungi. Belum ada pengelola yang mengelola Puncak Gunung Gajah menjadi lokasi wisata. Sehingga pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk atau ijin untuk melakukan pendakian ke Puncak Gunung Gajah. Sebelum melakukan pendakian ke Puncak Gunung Gajah, ada baiknya pengunjung membawa perbekalan masing-masing. Karena di atas Puncak Gunung Gajah tidak ada fasilitas apapun termasuk sumber air.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Glory

    Dec 22, 2022 04:50

    Ꭰo you mind if I quote a few оf your articles as long as I ρrovide credit and sources back to your bⅼog? My blog site is in the very same area օf interest as yours and my visitors would genuinely benefit from some of the information you provide her

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828