Seduh Sumedang: Wahana Edukasi dan Promosi Kopi Sumedang

Dengan menjamurnya kedai kopi di Kabupaten Sumedang, dari mulai pinggir jalan hingga masuk ke gang atau berada di pemukiman warga sudah mulai banyak. Tahun 2017 para pegiat kopi ini membentuk sebuah komunitas bernama Seduh Sumedang dengan diawali kegiatan diskusi mengenai tentang kopi Sumedang.

Seduh Sumedang ini, berangkat dari kecintaan kepada kopi Sumedang, yang diinisiai oleh tiga orang pemuda Sumedang, yaitu Andri, Agia dan Daka. Turut serta mempromosikan kopi-kopi yang ada di Kabupaten Sumedang. Dengan aksinya, Seduh Sumedang ini sudah beberapa kali menggelar kegiatan, salah satunya yaitu Open Bar. Kegiatan tersebut, selain menjadi ajang silaturahmi para pegiat kopi di Sumedang, yaitu mengkampanyekan kepada masyarakat Sumedang tentang kopi Sumedang, kegiatan Open Bar tersebut digelar secara gratis, agar masyarakat Sumedang dari semua kalangan bisa mencicipi nikmatnya kopi Sumedang. Ada beberapa sesi dalam kegiatan Open Bar ini, sesi brewing dan sesi cupping. 

Kegiatan Open Bar ini, biasa dilakukan di ruang publik, seperti ketika masih ada Car Free Day yang setiap pagi diadakan di Alun-alun Sumedang. Tetapi, ada yang menarik dari kegiatan Open Bar yang dilakukan pada bulan November 2021 kemarin, kegiatan tersebut digelar di perkebunan teh Margawindu, dengan tajuk Kumpul Kebon. Memberikan nuansa baru dan lebih hangat ketika pagi hari di kebun yang sejuk, disuguhi dengan hangatnya kopi.

Kegiatan Open Bar di Kebun Teh Margawindu. Foto: Seduh Sumedang

Seiring berjalannya waktu, Seduh Sumedang ini terus tumbuh dengan beriringannya perkembangan perkopian di Kabupaten Sumedang. Selain adanya kegiatan Open Bar yang sering digelarnya, ada juga kegiatan seperti kelas kopi, kompetisi nyeduh kopi dan sharing. Turut serta juga dalam kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Sumedang dalam kegiatan Festival Kopi Sumedang dan beberapa kegiatan yang terjun langsung kepada para petani kopi di Sumedang. 

Harapannya terhadap perkembangan kopi di Kabupaten Sumedang ini, "Kedepannya ingin membuka kelas lagi tentang kopi secara gratis, dengan tahap dari Seduh Sumedang mengikuti pelatihan kopi secara khusus yang berlisensi atau tersertifikasi. Kelas tersebut berguna kedepannya untuk membuka lapangan pekerjaan dan menumbuhkan perekonomian Sumedang  lewat pasar kopi Sumedang dan untuk masyarakat Sumedang." Pungkas Andri.

Untuk bisa bergabung dengan komunitas Seduh Sumedang ini, palawargi bisa menghubungi langsung di instagram @seduhsumedang tidak hanya untuk yang mempunyai kedai kopi saja, tetapi siapa pun yang suka dengan kopi dan ingin mengembangkan perkopian di Kabupaten Sumedang.

- Sponsored Ad - post-title
Katen Doe
Penulis

INIMAHSUMEDANG

-

Komentar

wave
  • John Doe

    Curt

    Feb 10, 2022 15:40

    Dоes your site have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd like to shoot you an e-maіl. I've got some suggeѕtions for your blog you might be іnterested in hearing. Eіther way, great blog and I look forward to seeing it expand o

  • John Doe

    Karen

    Mar 11, 2022 03:23

    I ρay a visit day-to-day a few bl᧐gs and blogs to reаԀ content, but this website presents feature based content.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel