Sekilas Tentang Bus Medal Sekarwangi Kebanggan Sumedang

Kerap kali kita melihat bus yang melintas di jalan raya, dengan bus warna merah, bertuliskan Medal Sekarwangi, wargi Sumedang biasa menyebutnya dengan MS. Wargi Sumedang ada yang pernah naik bus MS? 

Tentunya sudah dong yah! 

Nah bus yang terlihat dalam gambar tersebut, itu bus MS jenis dodge, zaman dulu loh. Bus MS zaman dulu tersebut menjadi bukti sejarah perjalanan Bus Medal Sekarwangi yang sekarang terparkir di PO Medal Sekarwangi.

Medal Sekarwangi merupakan nama sebuah perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Sumedang. Sebagai sebuah perusahaan otobus, Medal Sekarwangi bergerak dalam bidang jasa transportasi khususnya angkutan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

Nah berdasarkan sejarahnya, Medal Sekarwangi berdiri semenjak tahun 1950-an. Tepatnya pada tanggal 8 Desember 1951, pendiri PO Medal Sekarwangi yaitu H. Atang Sobandi (Alm) membeli satu unit bus yang diberinama Bus Peristiwa, yang melayani jurusan Hariang (Buahdua) - Sumedang. 

Nama Medal Sekarwangi sendiri berasal dari nama grup kesenian panggung sandiwara yang didirikan oleh ayahnya yaitu Apih Sukarya (Alm).

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Tera

    Apr 16, 2024 20:17

    Unquestionably believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get irked while people consider worries that they just do not know about. You managed to hit the

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828