Sekilas Tentang Mahkota Binokasih Sanghyang Pake

Persimpangan perempatan jalan utama yang dulu dikenal dengan bunderan POLRES merupakan tempat dimana ikon Mahkota Binokasih Kabupaten Sumedang dijadikan suatu monumen yaitu tugu dengan replika Mahkota Binokasih berukuran sangat besar. 

Tugu Binokasih dengan replika mahkota berhiaskan batu giok tersebut memiliki berat 400kg. Pembangunan tugu Mahkota Binokasih dimulai dengan menata jalan di sekitar bunderan POLRES pada akhir tahun 2015 dan rampung pada Mei 2016.

Wargi Sumedang tahu dong, Mahkota Binokasih yang ada di Museum Prabu Geusan Ulun? Yaps, itu mahkota yang asli. Baik, kali ini mimin akan membahas mengenai Mahkota Binokasih tersebut, karena banyak sekali cerita tentang mahkota tersebut.

Tugu Mahkota Binokasih. Drone: Farhan

Nah untuk namanya, mahkota tersebut memiliki nama lengkap yakni Binokasih Sanghyang Paké. Mahkota tersebut merupakan warisan pusaka leluhur Kerajaan Sumedang Larang yang digunakan pada tahun 1578 untuk pelantikan Prabu Geusan Ulun menjadi Prabu atau Raja Sumedang Larang. Itu menurut buku Titilar Karuhun Perubahan Budaya di Sumedang Abad XVI-XVII.

Kerajaan Pajajaran pada saat itu terdesak hingga hampir jatuh. Kerajaan Pajajaran atas perintah Prabu Siliwangi akhirnya menunjuk empat orang, yang selanjutnya dikenal dengan istilah Kandaga Lante, yaitu orang kepercayaan untuk memindahkah pusaka Mahkota Binokasih ke Sumedang. Hal tersebut diharapankan agar Sumedang Larang dapat menjadi penerus kejayaan Kerajaan Pajajaran.

Kerajaan Sumedang Larang dipilih karena kerajaan tersebut masih bawahan dari Pajajaran, dengan kata lain Sumedang larang menjadi keturunan atau pewaris daripada Kerajaan Pajajaran. Dipilihnya Sumedang Larang untuk meneruskan kekuasaan lain bukan karena Kerajaan tersebut sudah menganut agama Islam sehingga tidak mengalami penyerangan dari pasukan gabungan Islam.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Felicia

    Apr 19, 2022 11:44

    Hеya i'm for the first time here. I came across this board and I fіnd It truly useful & it helped mе out a lot. I hօpe to give something back and aid others lіke you aided me.

  • John Doe

    Endang

    Mar 13, 2023 08:01

    Mahkota Binokasih ini adalah replika dari Mahkota Binokasih Ghaib yang di dapat dari para Sanghyang yang bertempat di pulau Jawa.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828