Sekilas Tentang Tugu Adipura di Bunderan Alamsari

Sudah pada tahu dong, tugu yang ada di bunderan Alam Sari! Yaps, itu Tugu Adipura. Kira-kira wargi Sumedang tahu dong kenapa ada Tugu Adipura di bunderan tersebut? Baik, mimin akan jelaskan mengenai Tugu Adipura yang wargi Sumedang kerap lintasi dan melihatnya. Begini ceirtanya. 

Sebelum ke Tugu Adipura tersebut, dulu Kabupaten Sumedang dikenal dengan sebutan Kota Buludru.  Setidaknya sampai dekade 1980-an, sebutan ini masih bisa terwakili dengan kondisi kota Sumedang yang rindang dengan pepohonan. Kondisi kota Sumedang waktu itu sangat menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Dengan rindangnya pepohonan, menyebabkan teduhnya jalanan, sejuk dan segarnya udara kota Sumedang. Jika dipandang dari udara, Sumedang sangat hijau dan rindang seperti kain beludru.

Pantas saja dulunya Kabupaten Sumedang pernah disebut-sebut sebagai Surga dari Jawa, oleh salah seorang penulis dari negeri Belanda. Bukti yang menggambarkan bahwa Sumedang seperti surga ini, ditemukan dalam sebuah buku berjudul Het Paradijs van Java yang ditulis oleh salah seorang penulis ternama asal Belanda yang bernama Wijnand Kerkhoff.

Bunderan Alamsari tampak dari atas. Drone: Farhan

Banyaknya pepohonan bukan hanya di jalan-jalan protokol, namun di pinggiran juga sama banyak pepohonannya. Dengan kondisi yang asri seperti itu, wargi Sumedang juga bisa bayangkan deh pokoknya. Makanya, tidak heran jika Kabupaten Sumedang pernah mendapatkan penghargaan piala Adipura.

Piala Adipura yang pertama diraih Kabupaten Sumedang sebagai kabupaten yang bersih dan indah pada tahun 1984. Dan pada tahun 1997 Kabupaten Sumedang dibawah kepemimpinan bupati H.M. Husein Jachjasaputra bisa meraih kembali Piala Adipura untuk yang kedua kalinya.

Untuk mengenang raihan Kabupaten Sumedang akan Piala Adipura tersebut, dibangunlah monumen atau tugu Adipura di perempatan atau bunderan Alamsari. Tugu tersebut  menyatakan bahwa Kabupaten Sumedang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten yang bersih dan indah. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    WilliamMer

    Mar 31, 2022 18:54

    https://google.com.cu/url?q=https://bodybuilding.sport-topics.com https://google.ae/url?q=https://billy-cunningham.sport-topics.com https://images.google.co.zm/url?q=https://dolph-schayes.sport-topics.com https://Maps.google.sk/url?q=https://badminton.

  • John Doe

    Jewell

    Mar 20, 2024 06:06

    Can Isimply just say what a relief to discover a person that realy understands what they're talking abot online. You actually realize how to bring a problem to light and make it important. More people ought to look at this and understand this side of

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828